Diabetes Menyerang Mata, Jantung, Saraf, Kaki, dan Ginjal Anda

thumbnail

Diabetes adalah penyakit serius yang dapat menyerang mata, jantung, saraf, kaki, dan ginjal Anda. Memahami bagaimana diabetes mempengaruhi tubuh Anda adalah penting. Ini dapat membantu Anda mengikuti rencana perawatan Anda dan tetap sesehat mungkin.

BAGAIMANA MASALAH KESEHATAN DARI DIABETES DIMULAI?

Jika diabetes Anda tidak terkontrol dengan baik, kadar gula dalam darah Anda naik. Ini disebut “hiperglikemia” (gula darah tinggi). Gula darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah yang sangat kecil di tubuh Anda.

Bayangkan apa yang terjadi pada gula ketika dibiarkan tanpa bungkus semalaman. Menjadi lengket. Sekarang bayangkan bagaimana gula “menempel” ke pembuluh darah kecil Anda dan menyulitkan darah untuk sampai ke organ Anda. Kerusakan pembuluh darah paling sering terjadi di mata, jantung, saraf, kaki, dan ginjal.

Mari kita lihat bagaimana kerusakan ini terjadi.

  • Mata : Memiliki kadar gula yang tinggi dalam darah Anda untuk waktu yang lama dapat membahayakan pembuluh darah kecil di mata Anda. Ini dapat menyebabkan masalah penglihatan atau kebutaan.

  • Jantung : Gula darah tinggi juga dapat merusak pembuluh darah besar di tubuh Anda yang memasok oksigen ke jantung dan otak Anda. Lemak bisa menumpuk di pembuluh darah juga. Ini dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

  • Saraf : Saraf membawa pesan penting antara otak Anda dan bagian lain dari tubuh Anda. Memiliki kadar gula yang tinggi dalam darah Anda selama bertahun-tahun dapat merusak pembuluh darah yang membawa oksigen ke beberapa saraf. Saraf yang rusak dapat berhenti mengirimkan sinyal rasa sakit.

  • Kaki : Diabetes dapat membahayakan kaki Anda dengan dua cara. Pertama, itu dapat merusak saraf tubuh Anda. Kerusakan saraf menghentikan Anda dari rasa sakit atau masalah lain di kaki Anda. Cara lain diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada kaki Anda adalah dari sirkulasi darah yang buruk. Aliran darah yang buruk membuat sulit untuk sakit atau infeksi sembuh. Jika luka tidak sembuh dan terinfeksi, itu dapat menyebabkan amputasi.

  • Ginjal : Bayangkan ginjal Anda seperti penyaring kopi. Mereka menyimpan hal-hal yang Anda butuhkan di dalam tubuh Anda, tetapi menyaring limbah dan cairan tambahan.

Ginjal Anda dipenuhi dengan pembuluh darah kecil. Seiring waktu, gula darah tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah ini menjadi sempit dan tersumbat. Karena ginjal Anda mendapatkan lebih sedikit darah, lebih sedikit limbah dan cairan dikeluarkan dari tubuh Anda.

Penyakit ginjal yang disebabkan oleh diabetes disebut “penyakit ginjal diabetik.” Ini adalah penyebab utama gagal ginjal di Amerika Serikat

APA LAGI YANG BISA SAYA LAKUKAN UNTUK MELINDUNGI MATA, JANTUNG, SARAF, KAKI, DAN GINJAL SAYA DARI DIABETES?

Konsultasi kesehatan gratis dengan Mhomecare, dapat mengembangkan rencana perawatan yang membantu Anda mengelola diabetes.

  • Olahraga teratur.
  • Menurunkan berat badan, jika perlu.
  • Makan makanan sehat dan ikuti rencana makan diabetes Anda.
  • Ambil semua obat-obatan Anda seperti yang diperintahkan oleh penyedia layanan kesehatan Anda.
  • Lakukan pemeriksaan rutin untuk mata Anda.
  • Lakukan pemeriksaan rutin untuk kaki Anda. Pastikan untuk mengenakan sepatu yang pas dan periksa kaki Anda setiap hari untuk melihat cedera, lepuh, atau kemerahan.
  • Jika Anda merokok, mulai rencanakan untuk mengurangi konsumsi rokok bahkan untuk berhenti merokok.

Pesan Perawat & Bidan Online

Dapatkan layanan kesehatan oleh perawat, midwife, caregiver yang profesional, berlisensi dan berpengalaman dengan jiwa pelayanan terbaik serta selalu sedia merawat orang terkasih Anda layaknya keluarga sendiri.

Bagikan Artikel ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *