Metode Kangguru Bayi Baru Lahir

thumbnail

Perawatan metore kangguru bayi baru lahir memiliki banyak manfaat, terutama untuk bayi yang lahir premature. Bayi premature membutuhkan perawatan yang ekstra, wajar jika ibu menjadi khawatir tentang perawatan pada bayi premature. Kangaroo Mother Care (KMC) merupakan solusi yang dirancang untuk membimbing ibu melalui beberapa minggu pertama kelahiran bayi.

APA ITU PERAWATAN METODE KANGGURU BAYI BARU LAHIR ?

Kangaroo Mother Care (KMC) atau perawatan metode kangguru bayi beru lahir, merupakan metode perawatan bayi dengan berat lahir rendah atau premature untuk menjaga kestabilan suhu tubuhnya di luar incubator.

Metode ini dilakukan dengan cara kontak dari kulit ke kulit antara bayi dan orangtua dengan cara mendekatkan bayi pada dada ibu atau ayah. KMC dapat dilakukan dalam kasus-kasus berikut :

  • Bayi premature atau berat badan lahir rendah dalam perawatan neonatal
  • Berat badan lahir rendah dan bayi cukup bulan
  • Bayi cukup bulan tetapi terpisah darir ibu dikarenakan alasan medis
  • Untuk memaksimalkan pemberian ASI

MANFAAT PERAWATAN METODE KANGGURU

  1. Membantu bayi beradaptasi dengan lingkungan : bayi premature sangan sensitive terhadap perubahan suhu. KMC membantu bayi melakukan kontak kulit dengan ibu yang membantu menyesuaikan suhu tubuh, dan membuatnya lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.
  2. Meningkatkan kualitan tidur bayi: bayi yang berada dalam kontak dekat dengan ibu, cenderung dapat tidur lebih nyenyak daripada bayi yang berada di unit perawatan neonatal. Ini terjadi karena bari merasa rileks dalam panas tubuh ibu.
  3. Membantu perkembangan mental bayi: KMC dapat berpengaruh pada pola tidur yang lebih baik, detak jantung stabil dan oksigenasi. Penelitian menyebutkan bahwa terdapat perbedaan perkembangan otak bayi yang menerima KMC dibandingkan dengan bayi yang diletakkan di incubator.
  4. Bayi mendapatkan ASI secara maksimal : KMC membantu bayi menyusui secara eksklusif, karena bayi diletakkan dekat dengan payudara ibu. Bayi memiliki indera penciuman yang tinggi, dan mereka cenderung menyusu secara instan.
  5. Meningkatkan berat badan bayi : Kehangatan dan perlindungan ibu membantu bayi menyusu dengan lebih maksimal sehingga dapat meningkatkan berat badan bayi.
  6. Mengurangi tingkat stress bayi: skin to skin dengan ibu dapat menurunkan tingkat kortisol yaitu hormone stress pada bayi. KMC juga meningkatkan hormone pelukan oksitosin yang membuat bayi merasa rileks.
  7. Membantu ibu menghasilkan ASI. Kontak dekat dengan bayi dapat memicu hormone menyusui, ini membantu ibu menghasilkan lebih banyak ASI.
  8. Membantu ibu untuk memerangi depresi pasca persalinan: skin to skin dengan bayi dapat menurunkan tingkat kecemasan ibu. Ini juga meningkatkan ikatan ibu dan bayi sehingga dapat mengurangi resiko depresi pasca persalinan.
  9. Memperkuat ikatan dengan ayah: KMC juga efektif membangun ikatan antara ayah dan bayi. skin to skin memiliki efek menenangkan pada bayi dan membantu ikatan yang lebih baik.

Perawatan metode kangguru bayi baru lahir memiliki banyak manfaat, baik untuk bayi maupun orang tua. Bila ibu belum melakukan perawatan metode kangguru pada bayi, yuk lakukan sekarang.

Pesan Perawat & Bidan Online

Dapatkan layanan kesehatan oleh perawat, midwife, caregiver yang profesional, berlisensi dan berpengalaman dengan jiwa pelayanan terbaik serta selalu sedia merawat orang terkasih Anda layaknya keluarga sendiri.

Bagikan Artikel ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *