Waspadai Kanker Lidah, Gejalanya Mirip Sariawan

thumbnail

Kanker lidah disebabkan oleh faktor resiko tinggi yaitu, kebersihan mulut, tembakau serta minuman beralkohol. Kanker lidah sangat dapat dicegah melalui perbaikan gaya hidup.

Kanker lidah atau karsinoma lidah merupakan salah satu penyakit kanker yang tumbuh di rongga mulut. Sebagian besar terjadi di tepi lidah, ujung lidah, belakang lidah dan pangkal lidah. Kanker mulut ini lebih banyak dialami oleh pria dibandingkan wanita, dengan usia rata-rata 60 tahun.

Kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel secara tidak normal disekitar lidah, sehingga dapat memunculkan benjolan tumor atau luka di lidah. Seringkali terlihat seperti sariawan di lidah yang kerap terjadi kapan saja dan oleh siapa pun.

Bedanya sariawan yang menjadi karsinoma lidah tidak kunjung sembuh meski sudah diobati dengan berbagai cara. Sariawan tanda karsinoma lebih sering muncuul di dasar mulut. Kemunculannya pun bisa hanya di satu tempat dengan ukuran yang besar.

Ada beberapa jenis kanker yang mungkin tidak menyebabkan gejala sampai mereka mencapai stadium lanjut, seperti kanker lidah. Kondisi ini dikarenakan penyebab yang sering tidak disadari. Kebanyakan penderita baru menyadari saat sedang periksa ke dokter gigi.

Gejala Utama Kanker Lidah

  1. Munculnya bercak putih , gejala tersebut merupakan kondisi yang paling mudah diidentifikasi sebagai gejala awal kanker lidah. Gejala tersebut bisa saja muncul bukan diakibatkan oleh virus pemicu kanker.

  2. Selain munculnya bercak putih atau merah pada bagian lapisan lidah atau mulut, gejala selanjutnya adalah munculnya bisul pada lidah yang sangat sulit disembuhkan.

  3. Setelah mucul bisul pada lidah, kemungkinan besar akan terjadi pendarahan pada lidah tanpa alasan yang jelas. Saat mengalami pendarahan lidah akan mati rasa atau kehilangan indera pengecap.

  4. Gejalanya sama dengan gejala kanker mulut atau tenggorokan, tergantung pada letak tumor yang tumbuh. Akan terdapat gumpalan dibagian leher dan terjadi pembengkakan.

  5. Selain bisul, akan terjadi benjolan lainnya yang sangat mengganggu dan menyiksa, ketika kondisi ini terjadi, maka sudah dapat dipastikan terkena karsinoma lidah.

Pada kanker lidah stadium awal, tumor yang tumbuh berukuran kecil dari 4cm dan terdapat dalam lidah. Kemungkinan membutuhkan radioterapi. Umumnya pada stadium awal tidak menimbulkan gejala yang khas, apalagi yang bermula di di pangkal lidah.

Ketika memasuki stadium awal, pertumbuhan sel kanker dapat ditandai denga adanya benjolan yang tumbuh tidak lebih dari 2 cm, berwarna merah dan sakit jika disentuh. Waspadai kanker lidah stadium awal dengan memahami beberpa gejala berikut:

  1. Sariawan yang tak kunjung sembuh
  2. Sakit saat menelan
  3. Sering merasakan mati rasa pada mulut yang tak kunjung hilang
  4. Nyeri di dalam atau dekat lidah
  5. Perubahan suara seperti terdengar serak

Jika anda mengalami gejala tersebut, sebaiknya segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan, sehingga kanker tidak berkembang dan menyebar luas ke stadium selanjutnya.

Pesan Perawat & Bidan Online

Dapatkan layanan kesehatan oleh perawat, midwife, caregiver yang profesional, berlisensi dan berpengalaman dengan jiwa pelayanan terbaik serta selalu sedia merawat orang terkasih Anda layaknya keluarga sendiri.

Bagikan Artikel ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *