fbpx

Ashraf Sinclair Meninggal Dunia, Kenali Tanda Penyakit Jantung

thumbnail

Kenali tanda penyakit jantung agar bisa segera mendapat penanganan yang tepat, karena penyakit jantung berat dapat berakibat fatal jika tidak segera ditangani.

Ashraf Sinclair, suami dari artis Bunga Citra Lestari (BCL) meninggal dunia diduga akibat serangan jantung. Serangan jantung merupakan salah satu penyakit mematikan yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan, penyakit jantung merupakan penyebab kematian terbanyak ke-2 di Indonesia. Tak hanya itu, penyakit ini juga menyebabkan kerugian yang besar secara financial. Sebab , data BPJS menunjukkan adanya peningkatan biaya kesehatan untuk penyakit jantung dari tahun ke tahun. Mendeteksi tanda gejala penyakit jantung secara dini dapat membantu mengurangi risiko kematian.

Tanda Gejala Penyakit Jantung

  1. Nyeri Dada

    Nyeri dada merupakan gejala awal dari penyakit jantung yang cukup mengkhawatirkan karena bersifat nyeri dan rasa tidak nyaman pada dada. Biasanya gejala ini timbul saat otot-otot jantung tidak memperoleh cukup darah yang kaya dengan oksigen.

    Tidak hanya pada dada, nyeri yang dirasakan juga bisa menjalar hingga ke lengan, leher, bahu, rahang, hingga punggung. rasa nyeri ini bisa berlangsung selama beberapa hari ataupun minggu tergantung seberapa banyak plak yang menumpuk di arteri koroner jantung.

  2. Sesak Napas

    Sesak napas merupaka salah satu gejala yang juga sering terjadi sebagai gejala awal penyakit jantung. Sesak napas biasanya mungkin terjadi bersamaan dengan nyeri dada. Jadi bisa dikatekan bahwa sesak napas adalah salah satu pertanda medis yang tidak bisa dianggap sepele dan butuh perawatan segera dari dokter.

  3. Keringat Berlebih

    Keringat berlebih di siang dan malam hari harus diwaspadai sebaai gejala penyakit jantung. Terutama jika cucuran keringat berlebih terjadi saat anda sedang tidak banyak beraktivitas. Umumnya gejala ini terjadi pada wanita.

    Tidak semua keringat berlebih mengarah sebagai gejala penyakit jantung pada wanita. Namun, ada beberapa kondisi lain yang juga bisa menyebabkan produksi keringat di luar batas normal.

    Untuk itu, segera konsultasikan lebih lanjut pada dokter demi mengetahu penyebab dan pengobatan yang tepat.

  4. Detak Jantung tidak teratur

    Palpitasi atau dikenal sebagai detak jantung yang tidak teratur merupakan tanda gejala awal penyakit jantung. Sebagian besar orang yang mengalami palpitasi jantung memiliki aritmia atau detak jantung yang tidak normal.

    Ini tergantung dari jenis aritmia yang Anda diderita. Jika detak jantung yang tak teratur memang berujung pada penyakit jantung, biasanya akan disertai dengan tanda lainnya. Mulai dari pusing, nyeri dada, sesak napas, hingga tubuh terasa goyah.

Untuk menghindari risiko terkena penyakit jantung alangkah baiknya agar rutin memeriksakan kesehatan disamping selalu menjaga pola hidup sehat. Dengan pemeriksaan rutin, dokter dapat menilai risiko terjadinya serangan jantung dan memberikan penanganan yang sesuai.

Pesan Perawat & Bidan Online

Dapatkan layanan kesehatan oleh perawat, midwife, caregiver yang profesional, berlisensi dan berpengalaman dengan jiwa pelayanan terbaik serta selalu sedia merawat orang terkasih Anda layaknya keluarga sendiri.

Bagikan Artikel ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *