Bisul: Gejala, Penyebab, Pencegahan, dan Pengobatan

Bisul: Gejala, Penyebab, Pencegahan, dan Pengobatan

Bisul: Gejala, Penyebab, Pencegahan, dan Pengobatan. (Img: stress.lovetoknow.com)

Bisul atau furunkel adalah benjolan kecil pada kulit yang berisi nanah akibat infeksi bakteri Staphylococcus Aureus. Bakteri ini biasanya ditemukan pada lubang hidung, tenggorokan dan kulit yang terluka.

Beberapa bagian kulit yang kerap mengalami bisul adalah punggung, bokong, paha, leher, wajah, kelopak mata (bintitan), ketiak dan bahkan alat reproduksi.

Bagian tubuh tersebut sangat rawat mengalami bisul karena kondisinya lembab, berkeringat, mudah mengalami gesekan dan juga tempat tumbuhnya rambut yang mana hal ini menjadi salah satu jalan masuknya bakteri ke dalam kulit.

Penyebab Bisul

Beberapa orang beranggapan bahwa mengkonsumsi terlalu banyak makanan tertentu dapat menyebabkan bisul, nyatanya hal tersebut tidaklah benar. Bisul disebabkan oleh bakteri Staphylococcus Aureus yang menimbulkan infeksi pada tempat tumbuhnya rambut atau folikel. Selain itu, bakteri penyebab bisul ini dapat menginfeksi kulit yang mengalami luka akibat gesekan, goresan atau gigitan serangga.

Umumnya bisul terjadi pada orang dengan usia remaja namun tidak menutup kemungkinan bayi, anak-anak, orang dewasa dan lansia pun dapat mengalami bisul. Beberapa faktor berikut ini dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami bisul, yaitu:

Gejala Bisul

Gejala bisul dapat dirasakan dan diamati secara langsung, jika terdapat benjolan pada kulit yang berisi dengan nanah maka patut dicurigai bahwa kondisi tersebut adalah bisul. Selain itu, beberapa gejala bisul berikut ini juga wajib diwaspadai:

Selain gejala tersebut, beberapa kondisi yang lebih serius bisul dapat menyebabkan demam dan bisa muncul lebih dari satu benjolan pada satu bagian tubuh. Kondisi ini disebut dengan bisul karbunkel atau bisul sabut. Segera lakukan perawatan dam pengobatan secara medis dengan bertemu dokter untuk mencegah kondisi lebih buruk.

Segera Kunjungi Dokter Jika

Komplikasi Bisul

Jangan meremehkan penyakit kulit satu ini, bisul dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius apa bila tidak segera diobati dengan benar. Berikut komplikasi yang dapat terjadi akibat bisul:

Pengobatan Bisul

Pada dasarnya bisul dapat sembuh dengan sendirinya namun untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah munculnya komplikasi atau kondisi bisul memburuk maka dibutuhkan pengobatan seperti:

Sebelum melakukan tindakan perawatan atau pengobatan bisul, wajib untuk mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun hingga benar-benar bersih. Hal ini untuk mencegah luka terkontaminasi oleh mikroorganisme seperti bakteri, kuman, jamur atau virus yang berada di tangan.

Obat Bisul

Beberapa jenis obat bisul yang ada di pasaran bisa digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan bisul dan mencegah kondisi memburuk. Berikut beberapa jenis obat bisul di apotek:

Pencegahan Bisul

Semua orang berisiko mengalami bisul, agar hal itu tidak terjadi maka penting untuk melakukan pencegahan dengan cara:

Exit mobile version