Gejala Terinfeksi Corona Dari Hari Ke Hari, Gangguan Pernapasan Akut

thumbnail

Gejala atau ciri-ciri terinfeksi virus corona dari hari pertama hingga hari ke -14 , bedanya batuk dan pilek biasa. Demam adalah gejala paling umum dari COVID-19.

Akhir-akhir ini, masyarakat diselimuti kekhawatiran akibat wabah virus corona. Pasalnya, infeksi yang menyerang sistem pernapasan ini memiliki gejala yang mirip dengan flu biasa, namun dapat berakibat fatal.

Gejala infeksi virus corona umumnya akan berkembang dari hari ke hari. Umumnya, gejala dimulai dengan demam. Gejala itu menjadi yang paling umum terjadi pada pasien positif COVID-19 di Wuhan, China.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa terhadap hampir  140 pasien di RS Zhongnam, Wuhan, mengidentifikasi pola khas dari gejala COVID -19. Sekitar 99 persen pasien memilki suhu tubuh yang tinggi.

Seseorang yang terinfeksi virus corona COVID-19 umumnya mengalami gejala seperti orang flu, seperti demam dan batuk kering. Namun orang yang terinfeksi COVID-19 bisa mengalami gejala yang berbeda-beda pada setiap harinya.

Virus penyebab flu berasal dari golongan rhinovirus. Virus ini menyebar dari manusia ke manusia dan paling sering menyerang anak-anak atau remaja. Infeksi dari virus ini dapat terjadi sepanjang tahun. Sedangkan COVID-19 disebabkan oleh virus dari golongan coronavirus.

Jumlah kasusnya di banyak negara semakin bertambah, meskipun angka kesembuhan juga menunjukkan presentase yang tinggi sehingga memberikan optimistis tersendiri.

Edukasi kepada warga dunia mengenai virus ini terus dilakukan, terutama mengenai gejala yang sebaiknya diketahui sehingga setiap orang bias membatasi dirinya dan tak menjadi pembawa virus yang baru.

Berikut gejala infeksi virus corona dari hari ke hari yang umumnya berkembang pada pasien:

  1. Hari ke 1

Pasien akan mengalami demam. Pasien juga dimungkinkan mengalami rasa Lelah, nyeri otot dan batuk kering.

  1. Hari ke 5

Pasien mungkin akan mengalami kesulitan bernapas. Keluhan ini umumnya terjadi pada orang lanjut lansia atau mereka dengan penyakit penyerta lainnya.

  1. Hari ke 7

pada hari ke 7 umumnya pasien mulai melaporkan penyakitnya dan menjalani perawatan di rumah sakit.

  1. Hari ke 8

Pada titik ini, berdasarkan laporan CDC China, pasien dengan kasus parah mengalami sindrom gangguan pernapasan akut. Penyakit ini terjadi ketika cairan memenuhi paru-paru. Kondisi ini sering kali berakibat fatal.

  1. Hari ke 10

Jika gejala pasien memburuk, umumnya rumah sakit akan menyarankan untuk menjalani perawatn di ICU. Pasien dengan kondisi yang memburuk mungkin akan mengalami sakit perut dan kehilangan nafsu makan

  1. Hari ke 17

Umumnya, pasien akan sembuh dan bisa keluar dari rumah sakit setelah2,5 pekan.

Pesan Perawat & Bidan Online

Dapatkan layanan kesehatan oleh perawat, midwife, caregiver yang profesional, berlisensi dan berpengalaman dengan jiwa pelayanan terbaik serta selalu sedia merawat orang terkasih Anda layaknya keluarga sendiri.

Bagikan Artikel ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *