fbpx

Hazmat Suit, APD Yang Sering Dipakai Saat Pandemi Corona

thumbnail

Hazardous Materials (Hazmat Suit) merupakan Alat Pelindung Diri (APD) wajib tenaga medis. Pakaian ini dapat mengurangi risiko tertural virus corona.

Hazardous Materials (Hazmat Suit) merupakan salah satu kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) yang wajib digunakan oleh tenaga medis garda terdepan pelayanan virus corona. Alat kelengkapan ini menjadi viral karena banyak orang menganggap mirip naju astronot.

Tahukah anda bahwa penggunaan APD sendiri sangat penting untuk mencegah penularan virus corona. Virus corona bisa menular melalui droplet atau cairan liur dari pasien yang terinfeksi corona. Karena itu belakangan ini banyak bermunculan foro para dokter dan perawat menggunakan hazmat zuit.

Hazmat suit dibuat dengan beberapa material seperti polietilena, kain spunbond dan meltblown. Hazmat suit dapat melindungi tubuh dari potensi paparan virus apapun dan dikenakan seluruh petugas kesehatan di seluruh deunia yang menangani wabah menular, termasuk diantaranya virus corona atau covid 19

Hazmat suit dirancang untuk tahan air dan dipastikan agen atau zat apapun tidak dapat menyentuh pemakainya. Pakaian pelindung ini biasanya digunakan bersama pelengkap lain berupa kacamata san sarung tangan.

Berikut prosedur pemakaian dan pelepasan Hazmat Suit.

  1. Pemakaian

Dipakai setelah pakaian normal. Setelah itu baru menggunakan sarung tangan, lengan, tudung sepatu, dan masker wajah untuk memastikan tidak ada celah yang bisa dimasuki virus. Bagian pergelangan tangan, pergelangan kaki, wajah, eher, dan pinggang kemudian dikunci.

  1. Pelepasan

Melepaskan sarung tangan tanpa menyentuh bagian luar. Semua bagian luar dianggap terkontaminasi setelah pemakai melakukan kontak dengan pasien. Hazmat suit dilepas dengan cara menggulung ke bawah, dari ujung ke ujung.

Dalam melepas pakaian hazmat harus sesuai dengan prosedur standar operasional untuk menghindari terkontaminasi dari zat, cairan atau virus yang menempel pada pakaian.

Setiap kali melepaskan bagian dari Alat Pelindung Diri yang dikenakan harus mencuci tangan menggunakan cairan antiseptik bakteri atau mikroorganisme tidak berpindah ke tangan.

Setelah semua terlepas, pakaian Hazmat akan dicuci dengan cara khusus untuk mensterilkan baju dari berbagai jenis penyakit atau zat berbahaya. Sarung tangan, masker dan sarung kaki umumnya hanya digunakan untuk sekali pakai.

Protocol menyatakan, hazmat suit harus dilepas sebelum keluar dari area isolasi

Rumah sakit biasanya memiliki prosedur yang berbeda-beda untuk penggunaan APD. Yang biasanya disesuaikan dengan kondisi pasien, rumah sakit, serta lokasi yang terjangkit wabah virus atau penyakit berbahaya lainnya.

Pesan Perawat & Bidan Online

Dapatkan layanan kesehatan oleh perawat, midwife, caregiver yang profesional, berlisensi dan berpengalaman dengan jiwa pelayanan terbaik serta selalu sedia merawat orang terkasih Anda layaknya keluarga sendiri.

Bagikan Artikel ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *