Tak Sama, Ketahui Perbedaan Bidan dan Perawat

thumbnail

Perbedaan Bidan dan Perawat menjadi perbincangan masyarakat, karena profesi yang serupa mengenai tenaga kesehatan namun memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda.

Profesi tenaga kesehatan yang sering disebut sebagai tenaga para medis tersebut, mereka semua bekerja saling mendukung sesuai dengan kapasitas dan keahlian yang dimiliki masing-masing.

Dalam perawatan atau pengobatan pasien-pasien sakit di dunia kesehatan, profesi yang paling utama dikenal ialah dokter. Nah, seorang dokter dalam melakukan sebuah perawatan terhadap pasiennya pastinya memerlukan bala bantuan kepada tenaga medis lainnya, dokter pun tidakan akan bisa melakukan hal itu hanya dengan seorang diri.

Lalu, tenaga medis yang lainnya yang berperan dalam proses pelayanan terhadap pasien tersebut ialah perawat, suster dan bidan. Ketiga profesi itu memiliki sebutan yang berbeda-beda, dikarenakan mereka juga memiliki keahlian dan peranannya dalam merawat juga melakukan tindakan kepada pasien.

Pasalnya dikalangan masyarakat atau sebagian orang masih belum mengetahui bahwa profesi perawat dan bidan memiliki perbedaan yang signifikan. Istilah-istilah profesi tenaga kesehatan tersebut terkadang pernah terjadi sebuah tafsiran yang berbeda-beda atau bahkan sampai ada yang salah tafsir dalam sebutannya.

Perbedaan Bidan dan Perawat

Mengenal Profesi Perawat

Tak hanya terdiri dari satu cabag, dunia keperawatan memiliki ragam lainnya. Hal ini mengingat pelayanan keperawatans endiri merupakan bagian yang terintegrasi dari sistem pelayanan kesehatan di rumah sakit. Bagaimanapun, pelayanan keperawatan yang diberikan ini dituntut harus mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang professional.

Khususnya untuk perawat professional melaksanakan prakteknya didasarkkan pada ilmu keperawatan dan materi yang relevan dengan keperawatan yang berasal dari ilmu-ilmu lain dan humaniora, serta secara terus-menerus mengembangkan diri sepanjang kehidupan keprofesiannya.

Perawat harus memahami dan menganalisis empat konsep serta hubungan keempatnya yang terdiri dari keperawatan, manusia, konsep sehat dan sakit serta lingkungan, memahami peran perawat professional, hubungan dengan perawat dan individu dan kelompok, hubungan antar perawat, memahami tahapan proses keperawatan, menganalisis kesehatan yang lazim terjadi, memahami keadaan pasien yang kritis, akut, resiko tinggi atau normal.

Tindakan keperawatan mandiri dalam homecare yaitu :

  • Vital sign
  • Memasang nasogastric tube
  • Memasang selang susu besar
  • Memasang kateter
  • Penggantian tube pernapasan
  • Merawat luka decukbitus
  • Memasang peralatan O2
  • Suction
  • Penyuntikan (IV, IM, IC, SC)
  • Pemasangan infus maupun obat
  • Dan lain-lain

Mengenal Profesi Bidan

Hampir sama dengan perawat, namun semasa pendidikannya seorang bidan di didik untuk fokus menolong pasien yang mengalami kesulitan dalam persalinan. Meski menyerupai perawat, namun sekolah bidan sangatlah berbeda.

Pasalnya bidan akan menjadi seorang tenaga medis yang bisa menggantikan posisi dokter. Biasanya seorang yang telah lulus dalam sekolah perawat akan melanjutkan pendidikan menjadi bidan.

Bidan diakui sebaga tenaga professional yang bertanggung jawab dan akuntabel, yang bekerja sebagai mitra perempuan untuk memberikan dukungan, asuhan dan nasehat selama masa hamil, masa persalinan dan masa nifas. Memimpin sendiri atas tanggung jawab sendiri dan memberikan asuhan kepada bayi bayu lahir.

Bidan juga mempunyai tugas penting dalam konseling dan pendidikan kesehatan, tidak hanya kepada perempuan tetapi juga kepada keluarga dan masyarakat. Seorang walaupun hampir sama penampilannya dengan perawat, ternyata bidan memiliki ke ahlian yang berbeda.

Dalam hal khusus bidan dapat menggantikan posisi seorang dokter umum dan dokter kebidanan. Pasalnya seorang bidan dapat membuka sebuah praktek sendiri, yang secara prakteknya dapat memberikan obat kepada pasien dan pertolongan persalinan layaknya seorang dokter kebidanan (obgyn).

Pelayanan bidan dalam menjalankan praktik untuk memberikan pelayanan, meliputi :

  • Pelayanan Kesehatan Ibu, misalnya episiotomy, penjahitan luka jalan lahir tingkat I dan II, penanganan kegawat-darurat dilanjutkan dengan rujukan, pemberian tablet Fe pada ibu hamil, pemberian vitamin A dosis tinggi pada ibu nifas, pemberian uterotonika pada manajemen postpartum, dan lain-lain.
  • Pelayanan Kesehatan Anak, melakukan asuhan bayi baru lahir normal termasuk resusitasi, pencegahan hiportemi, inisiasi menyusu dini, injeksi Vitamin K 1, perawatan bayi baru lahir pada masa neonatal (0-28 hari), perawatan tali pusat, dan lain-lain.

Selain itu, bidan yang menjalankan program pemerintah berwenang melakukan pelayanan kesehatan meliputi alat kontrasepsi suntikan, alat kontrasepsi dalam rahim dan memberikan pelayanan alat kontrasepsi bawah kulit.

Nah, jadi itulah beberapa penjelasan mengenai bedanya perawat dengan bidan yang membedakan antara profesi di bidang kesehatan yang secara nyata dalam proses kerjanya bisa saling memiliki keterkaitan.

Pesan Perawat & Bidan Online

Dapatkan layanan kesehatan oleh perawat, midwife, caregiver yang profesional, berlisensi dan berpengalaman dengan jiwa pelayanan terbaik serta selalu sedia merawat orang terkasih Anda layaknya keluarga sendiri.

Bagikan Artikel ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *