6 Daftar Makanan Pemicu Keguguran Kandungan Yang Harus Dihindari

Makanan Pemicu Keguguran Kandungan

Makanan Pemicu Keguguran Kandungan, yang wajib dihindari oleh wanita yang sedang hamil. Kurangnya pengetahuan mengenai makanan yang dapat mengakibatkan keguguran ialah salah satu faktornya.

Makanan yang mengakibatkan keguguran pada kandungan ternyata banyak sekali dan bahkan masih banyak masyarakat luas yang belum mengetahui tentang jenis makanan yang dapat memicu keguguran pada kehamilan. Hal ini harus di pahami oleh masyarakat teruma para wanita.  

Salah satu faktor terjadinya keguguran ialah kurangnya pengetahuan mengenai makanan dan minuman yang dapat memicu keguguran. Pastinya ketika ibu hamil akan mengkonsumsi banyak makanan agar  si janin bertumbuh dengan sehat.

Namun, terkadang sebagian ibu hamil saking semangatnya untuk makan sampai-sampai mengkonsumsi makanan yang seharusnya tidak di konsumsi atau bahkan mengkonsumsi makanan yang tidak memberikan nutrisi sama sekali terhadap si janin.

Daftar Makanan Pemicu Keguguran Kandungan

Untuk ibu hamil harus berhati-hati sekali dalam memberikan asupan untuk janin dalam kandungan, ketika ibu salah memilih makanan yang membuat ibu sakit maka itu akan berpengaruh pada kondisi si janin.

Oleh karena itu, bagi anda yangs edang menjalani masa kehamilan, sebaiknya mengetahui apa saja makanan yang dapat memicu keguguran pada kandungan. Berikut diantaranya :

  1. Makanan setengah matang (daging mentah)

Saat ini banyak sekali makanan daging mentah atau setengah matang yang sangat popular. Daging sendiri merupakan salah satu jenis makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena daging memiliki tinggi kandungan protein, selain itu daging juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan janin dan si ibu.

Namun tetap harus diwaspadai, maksud mengkonsumsi daging ini harus dilakukan dengan cara yang tepat. Daging akan dilarang untuk ibu hamil apabila dikonsumsi dengan keadaan mentah atau setengah matang. Karena hal tersebut dapat memicu terjadinya tokksoplasmosis, yaitu adanya infeksi yang muncul karena pertumbuhan parasite dari daging mentah atau setengah matang.

Apabila ibu hamil mengalami infeksi ini  maka akan berbahaya sekali untuk kesehatan janin yang dapat menyebabkan keguguran. Salah satu jenis makanannya ialah SUSHI

  1. Mengkonsumsi telur mentah atau setengah matang

Nah selain daging mentah ternyata mengkonsumsi telur mentah atau setengah matang juga dilarang untuk ibu hamil. Jika ibu hamil mengkonsumsi telur mentah atau setengah matang maka dapat menyebabkan ibu terjangkit bakteri salmonella.

Ibu akan merasakan dampak dari hal itu, dampak paling ringan ialah ibu akan mual dan muntah hingga diare. Sedangkan dampak besarnya ibu akan mengalami keguguran. Salah satu makanan yang telah diolah dengan telur mentah dan dilarang ialah TIRAMISU

  1. Jamu Tradisional

Yang kita pahami jamu adalah obat herbal dan sangat aman untuk dikonsumsi, namun perlu diwaspadai bahwa tidak semua jamu tradisional aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Jadi hindari jamu yang tidak anda pahami betul.

  1. Tauge Mentah

Sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil mengkonsumsi tauge mentah. Hindari tauge mentah, karena di khawatirkan di dalam tauge tersebut terdapat bakteri yang bisa membahayakan janin dan juga sang ibu.

Tidak hanya tauge tetapi beberapa jenis sayuran lainnya seperti lobak serta semanggi sangat tidak baik jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Tiga sayuran tersebut tidak dianjurkan dikonsumsi jika hanya di cuci saja, apabila ingin mengkonsumsinya masak terlebih dahulu dan sebelumnya harus dicuci sebersih mungkin. Yakinkan kalau sudah tidak ada bakteri yang menempel.

  1. Kafein

terlalu banyak mengonsumsi kafein ternyata mampu menyebabkan masalah pada kehamilan hingga gugur. Kandungan kafein yang sangat tinggi di dalam tubuh ibu hamil mampu menembus dinding plasenta sehingga menggangu sistem pernafasan serta detak jantung bayi ataupun pendarahan yang menyebabkan keguguran.

Jadi, kontrol konsumsi anda terhadap sumber kafein seperti kopi, teh, dan obat flu.

  1. Hati Hewan

Selanjutnya makanan yang memiliki banyak kandungan vitamin A ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi seacara berlebihan oleh wanita hamil. Meskipun diolah dengan berbagai macam teknik memasak, namun tetap saja tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Karena dengan kandungan vitamin A yang tinggi ini justru dapat berdampak negatife untuk kesehatan janin dalam kandungan.

Jadi, hindarilah makanan-makanan atau bahan makanan diatas. Karena dapat memicu keguguran pada kandungan. Jagalah kesehatan ibu dan janin selama masa kehamilan.

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version