Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Yang Benar

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir (Img: https://www.parents.com/)

Sangat penting untuk mempersiapkan diri dan mengetahui cara memandikan bayi yang benar agar orang tua dan bayi nyaman selama prosesnya.

Memandikan bayi yang baru lahir untuk pertama kali menjadi tantangan tersendiri bagi ibu, terlebih lagi untuk ibu yang baru pertama kali memiliki anak.

Penting untuk menjaga bayi tetap aman dan nyaman, terutama selama beberapa bulan pertama.

Hal tersebut dikarenakan memandikan bayi apalagi yang baru dilahirkan butuh kehati-hatian yang ekstra.

Dengan persiapan yang tepat dan sedikit latihan, memandikan bayi bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Namun, banyak orang tua masih takut ataupun bingung bagaimana cara memandikan bayi dengan benar.

Tentu saja para ibu baru ini tak ingin menyakiti ataupun membuat sang anak tak nyaman saat dimandikan.

Lalu, bagaimana cara yang benar memandikannya?

Perhatikan Posisi Bayi

Ketika anda memandikan bayi yang baru lahir, daripada menaruhnya di dalam bak anda dapat membaringkannya diatas meja yang sudah dilapis handuk kering atau di atas tempat tidur kemudian mengusap selutuh tubuhnya dengan menggunakan waslap yang sudah ditetesi sedikit sabun cair.

Hindari sabun yang menimbulkan busa, jika tidak dibersihkan dengan baik maka akan membuat ruam dan membuat kulit bayi iritasi.

Ketika bayi berusia tiga bulan ke atas, posisi tubuh saat mandi dengan menyandarkan bayi anda tegak lurus ke bibir bak atau membaringkan badannya dan meyangga bagian belakang kepalanya.

Perhatikan Suhu Air

Suhu air harus hangat, jangan panas.

Suhu idealnya adalah antara 36°C dan 37°C. Anda dapat memantau suhu air dengan pergelangan tangan atau siku untuk memastikannya hangat dan tidak panas.

Jangan sampai keadaan air terlalu panas hingga 48,8°C, air yang terlalu panas dapat merusak kulit bayi.

Namun, sebelum memandikan si Kecil pastikan moms sudah menyiapkan semua perlengkapannya terlebih dahulu, seperti perlengkapan mandi dan perlengkapan setelah mandi.

Cara Memandikan Bayi

Berikut adalah langkah-langkah dasar memandikan bayi :

  1. Lepaskan pakaian dan popok si Kecil
  2. Topang si Kecil dengan satu tangan di belakang kepala dan lehernya dan tangan yang lain dibadannya. Pelan-pelan masukkan si Kecil ke dalam air mulai dari kaki hingga bahu.
  3. Pertahankan kepala si Kecil di atas permukaan air dengan satu tangan dan gunakan tangan yang lainnya untuk memandikannya.
  4. Bersihkan mata dan wajahnya terlebih dahulu menggunakan kain lembut yang telah dicelupkan ke air hangat tanpa sabun. Bersihkan kelopak mata si Kecil dari dalam ke luar.
  5. Tuangkan sedikit sabun ke dalam air atau ke telapak tangan anda
  6. Gosokkan air yang sudah bersabun atau sabun yang ditangan anda ke badan si Kecil. Mulai dari belakang telinga, leher lalu ke seluruh badan si Kecil. Fokuskan area lipatan, seperti ketiak dan selangkangan, juga sela-sela jari.
  7. Jangan lupa membersihkan area kelamin si Kecil. Untuk bayi perempuan, bersihkan alat kelaminnya dari depan ke belakang.
  8. Keramas bisa dilakukan 1-2 kali per minggu. Tuang sedikit sampo ke tangan ibu, lalu usapkan perlahan ke kepala si bayi. setelah itu bilas kepalanya secara perlahan sampai bersih. Pastikan busa sampo tidak masuk ke mata dan telinga bayi
  9. Bilas tubuh si Kecil dengan air yang bersih, pastikan benar-benar besih dari sampo dan sabun, kemudian seka tubuhnya dengan waslap
  10. Angkat si kecil secara perlahan dari bak mandi dan segera letakkan ia di atas handuk.
  11. Keringkan badan si Kecil dengan cara menepuk-nepukkan handuk secara perlahan ke badannya. Ingat, jangan menggosokkan handuk ke kulit si Kecil dan pastikan area lipatan sudah benar-benar kering.
  12. Kenakan popok dan pakaiannya.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Q: Bolehkah bayi baru lahir mandi 2 kali sehari?
A: Memandikan bayi baru lahir cukup 2-3 kali seminggu. Hal ini dikarenakan kulit bayi yang masih sensitif.

Q: Kapan bayi bisa mandi pake air dingin?
A: Bayi yang sudah berusia 6 bulan ke atas boleh dimandikan dengan air dingin. Sedangkan, bayi yang baru lahir harus menggunakan air hangat.

Q: Sebaiknya bayi mandi pagi jam berapa?
A: Waktu yang disarankan untuk memandikan bayi adalah pada saat pagi hari, sekitar jam 6-8 pagi. Selain pagi hari, bayi juga boleh dimandikan pada sore hari, sekitar jam 4-5 sore.

Jadi, begitulah beberapa tahap cara memandikan bayi dengan benar. Ingat ya moms, perhatikan posisi tubuhnya agar tidak menyakiti si Kecil.

Sebab, tubuh bayi memiliki tulang yang masih lunak dan jika ibu salah memposisikan tubuh si Kecil bisa saja menyebabkan hal yang fatal.

Itu dia penjelasan cara memandikan bayi baru lahir yang benar. Jika Moms membutuhkan tenaga profesional untuk perawatan bayi baru lahir, Moms tentunya bisa menggunakan layanan MHomecare. Mulai dari Layanan Perawatan Bayi Baru Lahir hingga Layanan Baby Spa kami ada, profesional dan dilakukan oleh Midwife MHomecare yang bersertifikat.

Baca juga:

Referensi:

Exit mobile version