Kenali Penyebab Bayi Sering Gumoh

Penyebab Bayi Sering Gumoh

Penyebab Bayi Sering Gumoh

Penyebab bayi sering gumoh bermacam-macam, namun ibu tidak perlu khawatir dengan kondisi tersebut. Yang pasti ibu harus mengetahui apa saja penyebab terjadinya gumoh serta cara mengatasinya.

Setiap bayi tentunya mengalami kondisi yang mana hal-hal tersebut wajar terjadi pada bayi, salah satunya gumoh. Gumoh merupakan muntah ringan atau disebut juga regurgitasi makanan. Perlu diketahui, bahwa gumoh itu berbeda dengan muntah,ya.

Pada saat bayi gumoh, cairan yang keluar biasanya hanya sedikit. Cairan tersebut bisa mengalir atau mungkin hanya berupa tetesan dari susu yang baru saja diminum dan bercampur dengan air liur.

Melihat bayi gumoh tentunya dapat membuat ibu menjadi panik. Padahal hal itu sebenarnya tidak perlu ibu khawatirkan berlebihan, karena pada dasarnya gumoh dan muntah sering kali etrjadi hampir pada setiap bayi.

Gumoh bukanlah kondisi serius dan berbahaya jadi ibu tidak perlu meyikapinya secara berlebihan. Meski begitu, akan lebih baik jika orang tua memahami gumoh yang normal dan yang harus diwaspadai.

Faktor Penyebab Bayi Sering Gumoh

Kondisi tersebut sangatlah normal terjadi pada bayi, sebab kerongkongan si Kecil yang belum berkembang sepenuhnya dan ukuran lambung bayi yang masih kecil. Selain itu, masih ada beberapa penyebab lainnya, sebagai berikut :

Bayi sering gumoh tidak berarti menandakan masalah yang serius, selagi gumoh tersebut tidak mengalami masalah pada berat badan si Kecil.

Kondisi gumoh yang normal pada bayi bisa ditandai dengan beberapa hal, seperti berikut ini :

Nah, demikianlah beberapa penyebab bayi sering gumoh. Walaupun tidak berbahaya dan masih dalam hal yang wajar, namun tidak ada salahnya jika ibu mengendalikan si Kecil agar tidak seirng gumoh. Dengan postur menyusui yang tepat atau berikan asupan asi lebih sedikit atau sesuai dengan frekusensi si bayi.

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version