Berikut Manfaat Baby Gym untuk Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Bayi

Manfaat baby gym

Berikut Manfaat Baby Gym untuk Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Bayi. (Img: blossomandberry.com)

Baby gym dapat disebut juga sebagai senam bayi adalah salah satu bentuk permainan gerakan untuk bayi guna merangsang pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati serta membantu meningkatkan kemampuan pergerakan bayi secara optimal.

Baby gym juga dapat digunakan untuk mengantisipasi adanya pertumbuhan atau perkembangan bayi yang tidak normal. Fase awal dari pertumbuhan anak ialah pada usia 3 hingga 12 bulan. Melakukan stimulasi ini termasuk cara yang disarankan untuk ibu kepada buah hati agar potensi pertumbuhan, kecerdasan serta perkembangan anak jauh lebih optimal.

Pada awalnya baby gym diterapkan sebagai cara rehabilitas bagi bayi yang mengalami kelainan pada pertumbuhan dan perkembangannya. Semakin berkembangnya baby gym kini dapat digunakan sebagai latihan untuk membantu stimulasi pada bayi normal, manfaatnya seperti perkembangan atau pertumbuhan pada sistem syaraf dan motorik pada bayi menjadi lebih optimal.

Manfaat Baby Gym

Senam bayi dapat membuat perkembangan dan pertumbuhan bayi terutama sistem motorik akan meningkat secara optimal. Tidak hanya fisik, manfaat lain seperti ikatan batin antara ibu dan bayi akan semakin kuat. Hal tersebut terjadi karena aktivitas ini akan melibatkan ibu dengan anak secara intens. Selain itu, berikut manfaat baby gym yang wajib Moms ketahui:

1. Memperkuat Otot dan Persendian

Melakukan senam bayi secara langsung akan melatih otot dan persendian menjadi lebih kuat dan fleksibel. Selain itu, gerakan yang dilakukan pada senam ini juga memperkuat otot bagian perut, punggung dan lainnya.

2. Meningkatkan Perkembangan Kognitif

Semua alat baby gym yang tersedia memiliki manfaat yang berbeda-beda. Dengan si anak menggunakan berbagai macam alat baby gym maka akan meningkatkan imajinasi atau kreatifitasnya. Mulai dari bentuknya, tekstur, warna dan suara secara tidak langsung semuanya dapat merangsang perkembangan pada kognitif anak.

3. Merangsang Motorik

Senam ini membuat bayi dapat meningkatkan rangsangan keterampilan pada motorik dan sensorinya. Biasanya bayi akan melakukan berbagai upaya untuk dapat menyentuh atau memegang benda-benda di sekitarnya seperti bola gym dan sebagainya.

Ketika bayi menemukan bola gym maka visualnya akan memainkan gerakan seperti menggenggam bola atau melemparnya. Gerakan tersebut dapat membantu perkembangan pada otot anak.

4. Melatih Keseimbangan dan Konsentrasi

Senam baby juga mampu melatih keseimbangan dan konsentrasi tubuh si anak. Ini sangat penting untuk perkembangan bayi terutama jika perkembangan anak mulai mencapai tahap berdiri, berlari, sikap sempurna atau melompat. Keseimbangan dan konsentrasi sangat dibutuhkan, maka senam ini sangat mendukung pertumbuhan si anak.

Persiapan Senam Bayi

  1. Fokus kan waktu untuk melakukan senam pada bayi setidaknya 10 menit.
  2. Pastikan diri sudah bersih, terutama area tangan pastikan juga jika kuku tidak panjang dan tidak disarankan menggunakan gelang atau cincin.
  3. Lakukan senam di ruangan yang udaranya lancar atau tidak pengap agar bayi dapat melakukan dengan nyaman.
  4. Gunakan matras atau kasur yang berbusa.
  5. Lakukan gerakan-gerakan senam pada bayi.
  6. Maikan musik dengan nada yang lembut.

Sebelum melakukan baby gym harus pahami dulu kapan waktu yang tepat untuk melakukan senam. Disarankan Moms melakukan senam tersebut pada pagi hari atau malam hari menjelang tidur, lalu senam ini juga lebih baik dilakukan sehari sekali selama 5-10 menit agar hasil perkembangan bayi optimal.

Jasa Perawatan Baby Gym

Senam ini juga bisa Moms lakukan sendiri di rumah atau menggunakan jasa baby gym agar lebih mudah dalam melakukannya. Jika ingin melakukan dengan jasa pelayanan baby gym sebaiknya pilih pelatih yang sudah professional dan berpengalaman. Moms bisa menggunakan aplikasi MHomecare atau kunjungi website MHomecare.com.

Baca juga:

Referensi:
https://www.babycentre.co.uk/a568116/baby-gyms

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version