Peran Tenaga Kesehatan Masyarakat dalam Promosi PHBS

Peran Tenaga Kesehatan Masyarkat

Peran Tenaga Kesehatan Masyarakat dalam Promosi PHBS

Hak dasar setiap orang adalah mendapatkan derajat kesehatan setinggi-tingginya tanpa membeda-bedakan dari suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA) maupun tingkat sosial ekonomi.

Pelayanan kesehatan yang bersifat kuratif serta rehabilitatis pada pemahaman konsep sehat dan sakit telah diubah sejak ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju.

Paradigma kesehatan tersebut kemudian digantikan dengan paradima baru yang diberi nama Paradigma Sehat dan bersifat proaktif.

Penciptaan lingkungan kondusif yang diiikuti oleh perilaku masyarakat proaktif merupakan salah satu harapan dalam Indonesia sehat tahun 2010 silam.

Percepatan peningkatan derajat kesehatan pada masyarakat dibutuhkan strategi pembangunan kesehatan dan kebijaksanaan dalam pembangunan kesehatan yang berkelanjutan, berkesinambungan, merata, menyeluruh, serta terintegrasi.

Guna menciptakan pembangunan kesehatan yang setinggi-tingginya maka dibutuhkan tenaga kesehatan masyarakat yang terlatih.

Peran tenaga kesehatan masyarakat adalah meningkatkan kesadaran pada pelayanan kesehatan khususnya yang bersifat promotif dan preventif.

Kemampuan yang Harus Dimiliki oleh Tenaga Kesehatan Masyarakat

Beberapa kemampuan atau kepakaran yang harus dimiliki oleh tenaga kesehatan masyarakat adalah:

Selain itu, tenaga kesehatan masyarakat juga mempunyai peran dalam bidang kuratif serta rehabilitatif.

Promosi Kesehatan PHBS oleh Tenaga Kesehatan Masyarakat

Peran strategis tenaga kesehatan masyaraka juga harus mempromosikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui 4 tahapan, yaitu:

Tersedia lowongan pekerjaan perawat home care terbaru untuk posisi Perawat (S1 Keperawatan), Perawat Bayi (Minimal D3 Kebidanan), dan Caregiver atau Perawat Lansia (Minimal SMK Kesehatan). Info lebih lanjut dan konsultasi via Chat WhatsApp.

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Referensi:
https://kink.onesearch.id/Record/IOS14.article-1048/Details (Diakses 19 Oktober 2021)
http://ejournal.litbang.kemkes.go.id/index.php/MPK/article/view/1048 (Diakses 19 Oktober 2021)
Exit mobile version