Yuk Pahami, Apa Saja Sih Manfaat Asam Folat Untuk Ibu Hamil

asam folat untuk ibu hamil

Asam folat untuk ibu hamil sangat dianjurkan, untuk dikonsumsi karena asam folat memiliki banyak manfaat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil salah satunya supaya mencukupi kebutuhan nutrisinya.

Asam folat  ialah bentuk dari vitamin B, tepatnya B9 komplek yang larut dalam air. Zat gizi ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh, khususnya untuk ibu hamil dan wanita yang sedang merencanakan kehamilan. Karena sangat berperan penting untuk mencegah risiko bayi cacat, meningkatkan fungsi otak, produksi sel darah merah, dan pembentukan tabung saraf janin pada wanita yang tengah hamil muda.

Ketika wanita sedang mengandung disarankan untuk mengonsumsi asupan asam folat sekitar 600 mikrogram (mcg) pada setiap harinya. Apabila ibu hamil sebelumnya pernah mengalami riwayat melahirkan bayi dengan kondisi cacat tabung saraf, maka asupan asam folat tersebut perlu ditingkatkan sebanyak 4.000 mcg

Manfaat asam folat untuk ibu hamil

Bagi anda yang sedah hamil atau berencana untuk hamil sangat memerlukan asupan nutrisi lengkap untuk perkembangan bayi dan asam folat ialah salah satu yang paling esensial. Asam folat ini dapat diperoleh dari suplemen kehamilan dan susu khusus ibu hamil.

Manfaat asam folat ini untuk ibu yang sedang mengandung ialah untuk membantu terbentuknya tabung syaraf embrionik (tahap awal pembentukan otak) dan sumsum tulang belakang pada janin dalam kandungan.

  1. Mencegah terjadinya spina bifida pada janin
  2. Mencegah keguguran kandungan
  3. Baik untuk perkembangan bayi
  4. Mengurangi risiko Anencephaly
  5. Mengurangi resiko bayi lahir dengan berat badan rendah

Makanan yang mengandung asam folat

Untuk itu ibu hamil sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan asam folat dan juga asupan nutrisi. Apabila ibu tidak menyukai asam folat dalam bentuk suplemen, ibu dapat mengkonsumsi makanan sehat ini setiap hari agar mencukupi asupan nutrisi. Berikut berbagai macam jenis makanan yang mengandung asam folat :

Ketahuilah para ibu hamil, bayam memiliki serat tinggi yang terletak pada daunnya. Selain itu bayam mengandung vitamin B kompleks, thiamin, pyridoxine, riboflavin dan asam folat. Bayam sangat penting untuk mendukung kehamilan dan menghindari cacacat syaraf pada otak bayi.

Kubis menjadi salah satu sumber asam folat yang cukup tinggi. Asam folat yang terdapat dalam kubis memiliki peran penting untuk mendukung DNA terutama pada ibu hamil. Kandungan vitamin yang penting dalam kubis ialah seperti riboflavin, thiamin, pyridoxine dan asam pantotenat.

Brokoli memiliki kandungan kalsium, asam folat dan vitamin C yang akan menyegarkan tubuh. Nah selain itu juga mengandung beberapa jenis mineral dan vitamin yang bisa anda temukan. Kandungan asam folat dalam brokoli penting untuk semua orang termasuk ibu hamil atau wanita yang sedang menjalankan program hamil.

Jagung menjadi beberapa sumber vitamin seperti vitamin A,vitamin B dan vitamin E. Bahkan dalam satu cangkir kecil jagung masak bisa menyediakan kebutuhan asam folat hingga 78 mcg. Asam folat dalam jagung sangat penting untuk ibu hamil guna melindungi si calon buah hati dari kecacatan.

Jeruk memiliki kandungan asam folat mencapai 28 mikrogram atau sekitar 7% dari kebutuhan orang dewasa dan total kalori 45. Selain itu asam folat dalam jeruk ini sangat bagus untuk janin dalam kandungan yaitu untuk mendukung perkembangan sel-sel otak pada janin dan mencegah kecacatan organ vital pada otak.

Kacang almond ini menjadi salah satu jenis kacang yang banyak mengandung nutrisi. Dalam secangkir kacang almond ditemukan sebanyak 70 mcg asam folat. Asam folat pada kacang almond ini sangat penting untuk kehamilan terutama untuk mencegah masalah cacat janin (spina bifida) atau gangguan kelumpuhan karena perkembangan syaraf

Jadi, untuk ibu hamil konsumsilah makanan yang mengandung asam folat tinggi supaya mendapatkan nutrisi yang sehat untuk janin dan ibu. Menjalani gaya hidup sehat dan hindari bahaya merokok untuk menjaga janin.

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version