5 Tips Menjaga Stamina Bagi Tenaga Kesehatan

thumbnail

Bekerja di kinik atau rumah sakit tentunya membuat tenaga kesehatan seperti dokter, perawat dan bidan berisiko terserang penyakit. Tak jarang, saat waktunya makan atau istirahat, mereka mengesampingkan hal itu demi membantu para pasien. Alhasil tenaga kesehatan rentan mengalami kelelahan yang berujung pada kondisi badan lemas.

Tips Menjaga Stamina Bagi Tenaga Kesehatan

1. Penuhi cairan tubuh
Meski kebutuhan pasien perlu diutamakan, namun jangan sampai anda “mengorbankan” diri hingga tak sempat minum. Sebab bila anda tidak mencukupi kebutuhan cairan tubuh, maka anda akan mengalami dehidrasi. Jika dehidrasi sudah terjadi, bukan cuma menyebabkan badan lemas tapi juga konsentrasi menurun.

2. Tingkatkan konsumsi protein dan batasi asupan gula
Agar metabolisme dan energi tubuh tetap terjaga dengan baik, perlu memasukkan makanan tinggi protein ke dalam menu sehari-hari.  Menurut sebuah studi di Korea, mengonsumsi makanan yang tinggi protein seperti ikan, daging merah tanpa lemak, telur dan kacang-kacangan dapat mencegah badan lemas.

3. Konsumsi prebiotik
Sebanyak 60-70 persen sistem kekebalan tubuh berada di usus. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di British Journal of Nutrition menemukan bahwa prebiotik dapat menjadi pelindung system imun di dalam usus. Prebiotik juga berfungsi mencegah penyakit pernapasan seperti flu.

4.  Manajemen stress
Terkadang hambatan dan masalah bisa saja terjadi saat bertugas, kondisi tersebut akan menyebabkan stress. Perlu adanya manajemen stress dengan menentukan prioritas anda dan diselingi dengan hiburan, seperti mendengarkan music atau mengobrol sejenak dengan rekan. Dengan begitu, stress tidak akan terlalu menekan dan anda tetap bisa melakukan aktivitas bekerja dengan maksimal.

5. Istirahat yang cukup
Bila jadwal kerja anda berlangsung di malam hari, maka sempatkan diri untuk beristirahat di siang harinya. Sempatkanlah untuk beristiraha sejenak, setidaknya 15-20 menit. Tidur sebentar untuk mengisi ulang tenaga dan menghilangkan badan lemas disebut dengan power nap. Aktivitas tidur ini dapat memberikan dorongan energy dalam waktu singkat dan meningkatkan fokus setelahnya

Sebagai seorang tenaga kesehatan, 5 tips menjaga stamina bagi tenaga kesehatan dapat anda lakukan untuk mencegah badan lemas saat harus bertugas merawat pasien. Selain itu, lakukanlah peregangan atau yoga di sela-sela waktu istirahat agar tubuh tidak terlalu kaku, tegang, dan merasa lelah berlebih

Pesan Perawat & Bidan Online

Dapatkan layanan kesehatan oleh perawat, midwife, caregiver yang profesional, berlisensi dan berpengalaman dengan jiwa pelayanan terbaik serta selalu sedia merawat orang terkasih Anda layaknya keluarga sendiri.

Bagikan Artikel ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *