Pijat Laktasi di Jakarta

thumbnail

Pijat laktasi di Jakarta, seakan menjadi solusi bagi ibu-ibu wanita karir yang produksi ASI nya kurang. Produksi ASI yang berlimpah tentunya menjadi sebuah harapan bagi setiap ibu yang telah melahirkan. Namun tidak semua wanita yang telah melahirkan memiliki produksi ASI yang berlimpah.

Hal tersebut tentunya disebabkan oleh beberapa factor. Dalam proses menyusui pun tak selalu berjalan lancer, ada kalanya terdapat masalah seperti terlalu banyak atau terlalu sedikit ASI, pembengkakan dan masalah posisi menyusui.

Sebuah solusi yang dapat membantu ibu untuk mengatasi masalah tersebut yaitu pijat laktasi. Pijat laktasi untuk ibu menyusui merupakan suatu teknik yang bisa dilakukan ibu baru melahirkan dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan payudara.

Manfaat pijat laktasi yaitu membantu melancarkan produksi ASI. Teknik pijat laktasi juga sering dilakukan saat terasa ada sumbatan pada puting, yang diakibatkan oleh tidak lancarnya aliran ASI di payudara.

Langkah Melakukan Pijat Laktasi Untuk Ibu Menyusui

Pijat laktasi merupakan solusi bagi ibu menyusui untuk memperlancar ASI. Secara umum teknik pijat laktasi melalui beberapa langkah, yaitu :

Step 1

Pada langkah pertama ini, ibu harus berada dalam posisi senyaman mungkin dan rileks. Hal tersebut berpengaruh pada hasil yang akan didapatkan nantinya. Teknik pijat laktasi dapat dilakukan pada posisi duduk dan juga berbaring.

Step 2

Langkah selanjutnya ialah menyiapkan air hangat. Lalu, celupkan kain yang memiliki tekstur lembut ke dalam air hangat, kemudian komreskan pada kedua payudara.

Step 3

Kemudian bersihkan puting payudara yang kotor dengan kain kasa yang diberi baby oil agar saluran tidak tersumbat. Lalu pijat puting dan areola perlahan ke atas ke bawah ke kanan dan ke kiri sebanyak 5-6 kali di masing-masing payudara dengan durasi (5-10 menit).

Step 4

Tempatkan kedua telapak tangan di antara kedua payudara, kemudian urut ke samping dan ke bawah melintang hingga tangan menyangga payudara. Kemudian ke atas sambil lepaskan dari payudara. Lakukan 5 hingga 20 kali.

Step 5 :

Telapak tangan kiri menopang payudara sebelah kiri dan jari-jari tangan saling dirapatkan. Kemudian sisi tangan kanan yang sejajar dengan jari kelingking mengurut payudara dari pangkal ke arah puting. Demikian pula payudara kanan.

Step 6 :

Telapak tangan kiri menopang payudara, kemudian jari tangan kanan dikepalkan kemudian buku-buku jari tangan kanan mengurut dari pangkal ke arah puting.

PIJAT LAKTASI DI JABODETABEK

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam melakukan pijat laktasi. Pijat laktasi harus dilakukan secara lembut dan perlahan, karena payudara sangat sensitive ketika mengalami sentuhan. Pijat laktasi memang bisa dilakukan sendiri oleh ibu, namun ada baiknya jika meminta bantuan tenaga professional seperti terapis dari Mhomecare agar hasilnya maksimal.

Ibu yang mencari pelayanan pijat laktasi di Jakarta, pijat laktasi di Bogor, pijat laktasi di Depok, pijat laktasi di Tangerang, dan pijat laktasi di Bekasi bisa memesan pelayanan di aplikasi Mhomecare atau melalui website mhomecare.co.id.

Pesan Perawat & Bidan Online

Dapatkan layanan kesehatan oleh perawat, midwife, caregiver yang profesional, berlisensi dan berpengalaman dengan jiwa pelayanan terbaik serta selalu sedia merawat orang terkasih Anda layaknya keluarga sendiri.

Bagikan Artikel ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *