5 Cara Mengendalikan Emosi yang Tepat

Cara Mengendalikan Emosi yang Tepat

Cara Mengendalikan Emosi yang Tepat

Merasa marah dan kecewa adalah hal yang normal. Namun, jika emosi yang dirasakan berlebihan dan kamu tidak tahu bagaimana cara mengendalikan emosi, makan hal tersebut dapat merugikan diri sendiri. Oleh karena itu, yuk ketahui cara mengendalikan emosi.

Emosi adalah ekspresi normal manusia atas berbagai hal yang terjadi dalam hidupnya. Misalnya, ketika Anda merasa senang saat mendapat hadiah, merasa kesal saat terjebak macet, atau merasa sedih saat kehilangan seseorang yang Anda cintai.

Ekspresi emosi negatif dapat membahayakan hubungan pekerjaan, pertemanan, hingga kesehatan diri sendiri. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara mengendalikan emosi atau cara mengekspresikannya secara tepat.

Berikut cara mengendalikan emosi yang bisa kamu lakukan.

  1. Mencoba Diam

Mencoba untuk diam adalah salah satu cara mengendalikan emosi diri. Saat marah kamu akan mengeluarkan kata-kata yang lepas dari kontrol. Bahkan perkataan-perkataan tersebut dapat memperparah keadaan karena emosi menjadi lebih meledak.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu diam dan memberikan waktu sejenak untuk mengatasi emosi pada diri sendiri.

  1. Menenangkan Diri

Jika emosi terjadi, kamu harus mencoba untuk menenangkan diri agar dapat berpikir secara logis serta mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang ada.

Coba tenangkan diri dengan mengambil napas panjang lalu tutup mata dan menghitung mundur perlahan untuk menurunkan emosi. Kemudian, cobalah untuk mengalihkan pikiran agar dapat membuat kamu lebih rileks.

  1. Cobalah untuk Berlapang Dada

Berlapang dada dapat menjadi cara mengendalikan emosi yang bisa kamu lalukan. Seberat atau sesulit apapun masalah, kamu harus bisa bangkit untuk membuktikan bahwa kamu baik-baik saja. Kamu harus berlapang dada bahwa dengan masalah ini ada hal yang mungkin akan berubah ke depannya.

  1. Ceritakan Masalah Pada Orang Terpercaya

Cara untuk menahan emosi juga dapat kamu lakukan dengan menceritakan masalah pada orang terdekatmu. Meski tidak mendapatkan solusinya, setidaknya beban yang ditanggung akan terasa lebih ringan. Bahkan jika diperlukan, kamu juga bisa bercerita ke psikiater untuk membantu memberikan solusi atau pun terapi dari sisi yang lebih profesional.

  1. Lakukan Aktivitas yang Menyenangkan

Melakukan aktivitas yang menyenangkan dapat membawa pengaruh positif bagi hidup kamu, misalnya:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version