7 Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah

Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah

Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah

Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah – Cuka apel mengandung antioksidan dan antibakteri yang cukup tinggi. Dari sinilah beberapa orang  mulai percaya dalam menggunakan cuka apel sebagai salah satu cara perawatan wajah alami. Salah satunya sebagai obat jerawat.

Manfaat cuka apel sebagai obat jerawat khususnya datang dari kombinasi kandungan asam asetat, sitrat, laktat, dan suksinatnya yang sudah terbukti oleh banyak studi ilmiah berbeda dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, yaitu Propionibacterium acnes.

Berikut beberapa manfaat cuka apel untuk wajah

  1. Mengatasi jerawat

Cuka apel sangat ampuh untuk mengatasi masalah jerawat. Cuka apel dapat membantu membunuh bakteri, mengurangi peradangan, dan membantu mencegah munculnya jerawat.

Karena aroma yang kurang nyaman jika diaplikasikan di pagi hari, maka cuka apel sebaiknya digunakan di malam hari. Gunakan setelah dicampur dengan air, sehingga cuka apel tidak disarankan untuk langsung diaplikasikan ke wajah, karena dapat menyebabkan luka bakar.

  1. Mengatasi ketombe

Manfaat kecantikan lainnya dari cuka apel adalah mengatasi ketombe, kulit kepala kering, dan gatal. Aplikasikan cuka apel menggunakan bola kapas ke kulit kepala setiap malam sebelum tidur.

  1. Mengurangi bitnik pada wajah

Cuka apel terdapat unsur senyawa Alpha Hydroxy Acid atau AHA yang mana dapat membantu menghilangkan bintik-bintik hitam yang ada pada wajahmu dan sekaligus juga dapat menghilangkan bekas jerawat yang ada pada wajahmu.

  1. Toner

Ketika cuka apel digunakan sebagai toner, manfaat yang didapat ialah menyeimbangkan pH dan membuat kulit lebih bercahaya. Cuka apel merupakan toner malam yang sangat baik.

  1. Mengatasi keriput

Salah satu cara tradisional untuk mencegah dan mengatasi keriput adalah dengan menggunkaan cuka sari apel sebagai toner wajah. Keriput adalah masalah kulit yang terjadi secara alami seiring bertambahnya usia karena kulit kehilangan elastisitas.

  1. Eksfoliasi kulit

Anda dapat melakukan eksfoliasi kulit untuk melepaskan sel-sel mati dibagian kulit terluar dengan berbagai bahan masker alami, salah satunya dengan cuka apel. Cuka apel dapat membantu mengangkat sel kulit mati, membuka penyumbatan pori-pori, dan juga menghilangkan bakteri.

  1. Mengatasi kulit terbakar

Beberapa pihak percaya bahwa larutan cuka apel dapat mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari, dengan cara mengembalikan tingkat pH kulit anda. Cuka apel juga dipercaya menetralisir luka bakar.

Sebelum Anda mengoleskan cuka apel secara merata di seluruh permukaan kulit wajah, sebaiknya Anda melakukan tes dulu dengan mengusapkan cuka tipis-tipis di kulit belakang telinga atau punggung tangan. Tunggu sekitar 1-2 jam dan jika setelahnya kulit menjadi merah atau justru teriritasi, jangan gunakan cuka apel untuk wajah.

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version