8 Tips Cara Mencegah Jerawat

Cara Mencegah Jerawat

Cara Mencegah Jerawat

Mencegah jerawat bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selain perawatan dari dokter, mencegah jerawat juga harus diimbangi dengan menjaga pola hidup yang sehat.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab jerawat muncul, mulai dari faktor lingkungan, hingga faktor genetik.

Jerawat muncul dikarenakan pori-pori yang tersumbat yang disebabkan oleh tumpukan sel kulit mati. Saat kelenjar minyak dalam wajah terlalu aktif, sel kulit mati tersebut akan terperangkap di dalam pori-pori. Kondisi inilah yang membuat bakteri penyebab jerawat masuk dan menginfeksi.

Berikut ini ada beberapa cara mencegah jerawat yang bisa kamu coba.

  1. Menjaga Kebersihan Wajah

Setelah beraktifitas, pastikan kamu membersihkan wajah, karena kotoran, minyak, dan sel kulit mati merupakan sumber utama munculnya jerawat yang bisa menyumbat pori-pori.

Basuh wajah kamu maksimal 2 kali sehari dengan sabun wajah yang berformula lembut. Usap perlahan dan bilas dengan air hangat hingga bersih. Lalu, keringkan wajah dengan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk perlahan.

  1. Jaga Wajah Tetap Lembap

Jaga wajah untuk tetap lembab dengan menggunakan pelembab untuk menghidrasi kulit. Pastikan pilih produk yang sesuai dengan kondisi kulit dan berlabel noncomedogenic dan bersifat anti jerawat.

  1. Kurangi Penggunaan Make up

Untuk pemakaian make up sehari-hari usahakan untuk mengaplikasikannya secara tipis saja. Karena, penggunaan make up yang tebal dapat membuat pori-pori wajah tersumbat. Pilih juga produk yang bebas minyak dan memiliki label noncomedogenic.

  1. Gunakan Tabir Surya

Menggunakan tabir surya juga berguna untuk mencegah munculnya jerawat. Tabir surya berfungsi untuk melembabkan kulit dan juga melindungi dari sinar matahari. Kulit yang tidak terhidrasi dengan baik makan akan memproduksi minyak lebih banyak sehingga menyebabkan tersumbatnya pori-pori

  1. Jangan Menyentuh Wajah

Hal ini sering dilakukan oleh kebanyakan orang, kotoran yang menempel di tangan dapat berpindah ke wajah yang menyebabkan pori-pori tersumbat. Jika akan menyentuh wajah pastikan tangan dalam keadaan bersih.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Perbanyak konsumsi buah, sayur, dan biji-bijian. Makanan yang mengandung banyak lemak dan minyak akan memicu munculnya jerawat. Misal gorengan, keju, susu, makanan tinggi gula, dan juga junk food.

  1. Olahraga Rutin

Dengan rutin berolahraga, maka sirkulasi darah dan oksigen akan lancar. Olahraga juga bisa mengontrol keseimbangan hormon dan mengurangi stres sehingga membantu meminimalisir munculnya jerawat.

  1. Hindari Stress

Menurut beberapa penelitian, stres juga bisa menjadi pemicu munculnya jerawat. Untuk itu, kita harus mampu mengendalikan pikiran agar tetap tenang saat menghadapi masalah. Sebagai solusinya bisa melakukan meditasi untuk menenangkan diri.

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version