Apa Itu Spasmofilia? Kerap Dialami Perempuan

Spasmofilia

Spasmofilia adalah suatu kondisi yang ditandai dengan kram otot, kekakuan otot, atau kedutan. Kondisi ini disebabkan oleh ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh seperti rendahnya kadar kalsium atau rendahnya kadar magnesiumdalam darah.

Spasmofilia disebabkan oleh kekurangan magnesium. pada umumnya, perempuan kerap mengalami kondisi ini.

Biasanya, ia mengalami stres saat berhadapan dengan lingkugan sekitarnya, yang dapat meningkatkan aktivitas sel saraf dan mencetuskan gejala spasmofilia sehingga penderita dapat mengalami gejala kejang otot dan sesak napas.

Untuk mendiagnosis kondisi ini dokter perlu mengetahui gejala yang Anda alami, melakukan pemeriksaan pada Anda, dan melakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah dan EMG (elektromiografi).

Bila hasil pemeriksaan darah menunjukkan hasil yang normal, dokter biasanya akan tetap menyarankan EMG. Silakan Anda diskusikan lebih lanjut dengan dokter spesialis saraf yang menangani Anda.

Gejala Spasmofilia

Penderita biasanya memiliki gejala yang secara umum gejala fisik yang sering dialami yaitu adanya kekakuan pada otot, kedutan otot pada tangan ataupun kaki, kram otot pada lambung, punggung dan leher serta sesak di dada.

Namun secara khusus, bentuk gejala yang dialami penderita tergantung pada organ tubuh yang terserang, seperti:

Secara psikis penderita akan mengalami panik dan rasa cemas. Hal tersebut karena penderita selalu berprasangka buruk dan merasa takut yang berlebihan.

Baca juga : Kenali Macam-Macam Penyakit Mental agar Tak Salah Paham

Mereka selalu berpikir bahwa hal yang mereka takutkan akan benar-benar terjadi. Akibatnya, mereka akan cenderung mengalami insomnia, tidur gelisah, dan mengalami mimpi buruk.

Spasmofilia sering dihubungkan dengan adanya kekurangan kadar kalsium di dalam darah, di mana kekurangan kalsium di dalam darah ini bisa disebabkan oleh kurangnya asupan makanan yang mengandung kalsium, diare dan muntah, infeksi berat, dan penyakit ginjal.

Penderita juga disarankan untuk menjaga kondisi badan agar tidak terlalu lelah. Baik terkena AC, kehujanan atau tidak.

Karena jika keadaan tubuh terlalu berat maka akan mengakibatkan stres. Hal ini akan menimbulkan gejalanya semakin memberat. Dan juga selalu berusahah berfikir positif pada setiap keadaan.

Keadaan pikiran yang terlalu berat juga bisa mengakibatkan kondisi badan cepat lelah. Konsultasikan setiap keadaan kepada dokter supaya mendapat obat sesuai dengan dosisnya.


Referensi:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version