Atasi Virus Corona, Apa itu Lockdown?

Lockdown Virus Corona

Seperti yang kita ketahui virus corona sedang terjadi di sejumlah negara, terutama Indonesia. Beberapa negara mengambil tindakan lockdown untuk memutus rantai virus ini di negara mereka. Lantas, apa itu lockdown?

Lockdown merupakan protokol untuk mengisolasi suatu wilayah agar populasi di dalamnya tidak keluar dari wilayah tersebut. Protokol ini bersifat temporer dan bisa dicabut sewaktu-waktu, jika kondisi dianggap telah membaik.

Lockdown virus corona memiliki penerapan yang beragam. Di Wuhan, China, misalnya, lockdown diterapkan secara total. Warga diminta untuk tetap berada di rumah, tempat publik tutup, hingga anjuran untuk tidak berpergian menggunakan transportasi pribadi.

Protokol lockdown virus corona di China berbeda dengan Italia, negara Eropa pertama yang memberlakukan lockdown, di mana orang masih bisa bepergian ke luar wilayah jika alasannya dianggap masuk akal oleh petugas berwenang.

Penerapan lockdown memiliki akar sejarahnya sendiri, dan dianggap terbukti secara empiris mengurangi penyebaran wabah yang lebih masif.

Lockdown memang dapat menghasilkan hasil yang lebih efektif dalam menekan kurva eksponensial pasien COVID-19 ketimbang membiarkan orang lain melakukan apa yang mereka mau (free-for-all)

Meski demikian, lockdown ternyata tidak menjamin perlindungan penuh bagi mereka yang belum terinfeksi. Hal ini karena tidak mungkin sebuah wilayah diisolasi secara penuh dalam waktu yang lama.

Protokol lockdown perlu untuk membuka perpindahan populasi di dalamnya, setidaknya dalam hal memastikan suplai kebutuhan pokok tetap terjamin.

Apa yang dilakukan saat lockdown?

Pemerintah pusat dan daerah wajib berbagi peran, yakni menyediakan bahan makanan, memastikan call center dan petugas kesehatan dalam kondisi siaga, mobil ambulans dengan jumlah yang memadai, kamar-kamar rumah sakit cukup untuk menampung pasien, dan lain sebagainya.

Pekerja harian lepas yang tidak memiliki penghasilan rutin harus menjadi perhatian khusus. Bagaimanapun, kebijakan lock down akan memukul mereka. Oleh karena itu, pemerintah wajib menjamin keberlangsungan hidup mereka sampai situasi kembali normal.

Sejalan dengan langkah yang nantinya akan diambil pemerintah, edukasi kepada masyarakat harus terus dijalankan secara masif. Media-media massa diharapkan dapat mengambil peran ini.

Menampilkan infografis-infografis yang mudah dipahami awam, misalnya mengenai sifat virus ini, media penularan, metode penanganan yang dapat dilakukan secara mandiri, rumah sakit yang dapat dituju, biaya pengobatan, yang perlu dilakukan ketika wilayah di-lock down, dan lain sebagainya.

Dengan memahami pengertian lockdown dan apa yang harus dilakukan saat lockdown, diharapkan kita bisa menerapkan tindakan mana yang lebih efektif untuk mencegah penyebaran viru corona, tidak hanya untuk melindungi diri sendiri, tapi juga memikirkan kondisi kesehatan orang lain.

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version