10 Tips Mengatasi Sakit Tenggorokan

Tips Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sakit Radang tenggorokan adalah peradangan pada tenggorokan yang menyebabkan suara serak dan juga nyeri saat menelan.

Keluhan ini kadang merupakan gejala awal dari munculnya infeksi saluran napas bagian atas yang bisa disebabkan oleh bakteri maupun virus.

Sakit Radang tenggorokan atau nyeri tenggorokan dapat terjadi pada siapa saja.

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Walau  bukan tergolong masalah kesehatan yang berbahaya, ternyata sakit tenggorokan dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Kalau sudah begini, Anda harus tahu cara mengatasinya.

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi sakit tenggorokan secara alami, dengan bahan-bahan yang bisa didapatkan dengan mudah di rumah.

1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu menenangkan tenggorokan yang gatal.

Garam mengeluarkan lendir dari jaringan yang bengkak dan meradang serta membantu meredakan rasa tidak nyaman.

2. Minum madu

Teh hangat yang dicampur dengan madu dapat membantu menenangkan tenggorokan yang teriritasi.

Teh juga membuat Anda tetap terhidrasi, yang merupakan langkah penting lainnya dalam mengobati sakit tenggorokan. Seduh secangkir berikutnya saat sakit tenggorokan mulai menggelitik.

Baca juga : Manfaat Madu bagi Kesehatan, Salah Satunya Sebagai Antioksidan

3. Minum banyak air

Tetap terhidrasi adalah bagian penting dari perawatan sakit tenggorokan. Ketika Anda mengalami dehidrasi, tubuh tidak dapat menghasilkan air liur dan lendir yang cukup untuk membuat tenggorokan terlumasi secara alami.

Hal ini akan membuat pembengkakan dan peradangan bertambah buruk.

4. Air perasan lemon

Kandungan astringent yang terdapat dalam jus lemon dapat membantu mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam yang dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi.

Cukup campurkan 1 sendok teh jus lemon ke dalam secangkir air hangat, dan kumur selama beberapa detik. Lakukan beberapa kali dalam sehari.

5. Berkumur dengan cuka apel dan garam

Cuka apel bersifat asam yang akan melapisi tenggorokan Anda sekaligus menciptakan lingkungan buruk bagi virus dan bakteri untuk dapat bertahan hidup.

Untuk perawatan yang lebih ringan, campurkan masing-masing 1/4 cangkir cuka apel dan 1/4 cangkir madu, kemudian kumur menggunakan ramuan tersebut setiap empat jam.

Baca juga : 7 Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah

6. Kumur air kunyit

Rempah berwarna kuning ini merupakan agen antioksidan yang sangat kuat, dan juga bermanfaat untuk memerangi banyak kondisi serius.

Untuk meredakan radang tenggorokan, campurkan 1/2 sendok kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, kumur selama beberapa detik. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

7. Teh chamomile

Teh chamomile telah lama digunakan untuk pengobatan seperti mengobati radang tenggorokan. Bahkan, menghirup uap bunga chamomile yang direbus dapat membantu meringankan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan.

8. Peppermint

Dikenal karena kemampuannya untuk menyegarkan napas dan melegakan tenggorokan karena mengandung mentol. Menghirup uap peppermint juga membantu mengencerkan lendir sehingga meredakan sakit tenggorokan dan batuk.

Peppermint juga memiliki sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, dan anti-virus, yang dapat mendorong penyembuhan. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, campur lima tetes minyak peppermint dengan minyak zaitun untuk dijadikan aromaterapi.

9. Memberi kompres hangat di leher

Kompres tenggorokan Anda menggunakan kain yang sudah dicelupkan ke air hangat dan diperas. Selain menggunakan kain, menempelkan botol berisi air hangat ke leher juga dianggap memiliki manfaat yang sama.

Selain merawat dari dalam, merawat dari luar turut membantu mempercepat penyembuhan rasa sakit saat menelan.

Baca juga : 5 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

10. Hindari merokok dan udara yang tercemar

Jika ingin terbebas dari rasa sakit saat menelan, hindari merokok. Tar pada rokok dapat membuat lapisan tenggorokan teriritasi.

Selain itu, hindari polusi udara, seperti paparan asap rokok, debu, dan asap dari kendaraan. Anda bisa mencoba menggunakan humidifier untuk menjaga kebersihan dan kelembapan udara.

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version