Cara Mudah dan Cepat Menidurkan Bayi di Malam Hari

Cara Mudah dan Cepat Menidurkan Bayi di Malam Hari

Cara Mudah dan Cepat Menidurkan Bayi di Malam Hari

Terkadang atau bahkan sering kali bayi terbangun di malam hari karena kondisi tertentu, hal demikian menyebabkan orang tua khususnya ibu untuk bangun lantas berusaha untuk menidurkan kembali si kecil dengan memberikan ASI atau susu formula.

Meski telah diberi ASI atau susu formula, sebagian bayi tidak juga bisa tidur kembali terutama ketika bayi rewel atau menangis keras yang cukup lama. Mau tidak mau, orang tua harus menenangkan bayi dengan cara digendong.

Jika sekali dua kali mungkin tidak masalah, tapi jika bayi kerap bangun di malam hari lalu rewel tentu ini dapat mengganggu kualitas tidur bayi maupun orang tua.

Baca juga: Langkah-Langkah Cara Memijat Bayi yang Baik dan Benar di Rumah

5 Cara Menidurkan Bayi di Malam Hari, Pasti Berhasil

Orang tua harus tahu bagaimana cara mudah, cepat, dan pasti berhasil untuk menidurkan bayi khususnya di malam hari. Berikut 5 cara yang tepat untuk menidurkan bayi di malam hari:

1. Buat Suasana Tenang

Cara pertama untuk menidurkan bayi adalah memastikan suasana tenang, tidak ada kebisingan atau hal-hal yang dapat mengganggu bayi.

Singkirkan mainan atau benda-benda lain yang dapat mengganggu proses tidur bayi. Usahakan bayi untuk fokus terhadap satu kegiatan, misalnya jika bayi terbiasa menyusu sebelum tidur, maka bayi tidak boleh diberi mainan atau benda yang dapat mengganggu.

Selain itu, hindari mengajak main atau bercanda dengan bayi yang mau tidur. Biarkan bayi untuk fokus melakukan satu hal seperti menyusu.

2. Buat Bayi Nyaman

Kenyamanan adalah hal yang terpenting untuk dapat menidurkan bayi. Pastikan pakaian bayi nyaman, tidak panas dan popoknya pun tidak basah. Bila popok bayi telah penuh, segera ganti dengan yang baru.

Selain itu, pastikan pastikan tempat tidur dan ruangan bayi nyaman. Bila suhu ruangan panas, gunakan pendingin ruangan (AC) dan setel suhu ruangan yang tidak terlalu dingin.

3. Matikan Lampu Ruangan

Ketika bayi sudah tenang dan nyaman, matikan lampu namun tetap terdapat secercah cahaya berupa lampu tidur. Ruangan dengan cahaya redup dapat membantu bayi untuk cepat tertidur.

4. Awasi dan Perhatikan Bayi

Terkadang bayi tiba-tiba terbangun di malam hari sambil menangis. Langkah pertama yang harus dilakukan orang tua adalah mengawasi dan perhatikan bayi selama kurang lebih 5 menit.

Jika setelah 5 menit bayi tetap menangis, tenangkan dengan mengucap lembut atau menggoyangkan tempat tidur bayi secara perlahan sambil mengusap-usap kening bayi.

Perhatikan pula sekeliling bayi dan pastikan tidak ada serangga atau hewan yang memabahayakan bayi.

5. Berikan Tindakan yang Diperlukan

Apabila bayi terbangun lalu rewel dan mengangis cukup lama tanpa henti, berikan tindakan yang diperlukan seperti memberikan minum atau ASI.

Biasanya bayi terbangun karena haus atau lapar, memberikan air minum atau ASI dapat membantu bayi untuk tertidur kembali dengan cepat.

Dalam memberikan tindakan ini, pastikan lampu ruangan tetap redup dan lakukan tindakan secara perlahan, tenang, serta lembut kepada bayi.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version