Ciri-Ciri Cacingan pada Anak dan Cara Mudah Mengobatinya

Ciri-Ciri Cacingan pada Anak dan Cara Mudah Mengobatinya

Ciri-Ciri Cacingan pada Anak dan Cara Mudah Mengobatinya

Cacingan adalah infeksi parasit berupa cacing seperti cacing kremi, cacing pita, cacing gelang, cacing tambang dan sejenisnya yang berada atau menetap di sistem pencernaan yakni usus manusia. Cacingan dapat terjadi pada siapa saja terutama anak-anak usia 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, atau anak sekolah.

Salah satu jenis cacing yang kerap menginfeksi anak-anak adalah cacing kremi. Cacing ini sangat mudah menular, pasalnya ada begitu banyak telur cacing kremi yang dapat dihasilkan oleh induk cacing kremi.

Kerap kali anak-anak yang terinfeksi cacing tidak sengaja menyebarkan telur-telur cacing kremi pada benda atau lingkungan. Ketika benda yang terdapat telur cacing kremi tersebut tersentuh oleh orang lain dan ia menggunakan tangannya untuk makan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu maka telur cacing dapat masuk ke tubuh.

Cacingan bukanlah penyakit yang berbahaya, namun orang tua wajib mengobati anak ketika cacingan sesegera mungkin dengan memberikan obat cacing untuk anak yang jamak dijual di apotek.

Tanda-tanda anak mengalami cacingan. (Img: community.indywatch.org)

Gejala Cacingan pada Anak

Tanda-tanda cacingan pada anak dapat diamati oleh orang tua khususnya di malam hari. Anak yang terinfeksi cacing akan merasakan gatal pada area anus karena di malam hari cacing-cacing pada keluar menuju anus.

Rasa gatal yang terjadi di malam hari juga menyebabkan gangguan tidur pada anak. Lebih lanjut, berikut ciri-ciri cacingan pada anak yang wajib orang tua ketahui:

Ciri-ciri cacingan pada anak lainnya yang paling mudah untuk dipastikan adalah ditemukannya cacing kremi berukuran kecil seperti potongan benang berwarna putih pada fases atau celana dalam anak di pagi hari.

Guna meastikannya lagi, orang tua dapat menempelkan pita perekat atau selotip bening pada anus anak di malam hari atau pagi hari setelah anak bangun tidur untuk melihat cacing maupun telur-telur cacing.

Cara Mengobati Cacingan pada Anak

Menyembuhkan anak dari cacingan begitu mudah, pasalnya ada begitu banyak obat cacing untuk anak yang dijual di apotek. Selain itu, orang tua juga dapat memeriksakan anak ke dokter untuk mendapatkan resep obat cacing sesuai kondisi anak. Obat cacing tersedia dalam sediaan tablet kunyah atau cairan.

Setelah mengonsumsi obat cacing, kemungkinan anak akan tetap merasakan rasa gatal selama kurang lebih satu minggu. Hal demikian karena obat cacing hanya dapat membunuh cacing bukan telur cacing. Dokter biasanya juga akan memberikan krim atau obat lain untuk mengatasi rasa gatal di anus.

Hal yang Harus Dilakukan Setelah Mengobati Cacingan pada Anak

Agar anak atau orang lain tidak kembali terinfeksi cacing, wajib untuk melakukan hal-hal berikut ini:

Beritahu anak untuk tidak melakukan kebiasaan buruk seperti menggaruk anus dan menggigit kukunya serta ajari anak untuk rutin mencuci tangan dengan sabun.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Referensi:
https://www.nhs.uk/conditions/threadworms (Diakses 23 November 2021)
https://kidshealth.org/en/parents/pinworm.html (Diakses 23 November 2021)
Exit mobile version