Inilah Hal Sepele Penyebab Sariawan Yang Sering Terjadi

Hal Sepele Penyebab Sariawan Yang Sering Terjadi

Sariawan memang banyak dialami dari kalangan kanak-kanak hingga lanjut usia. Beberapa kasus lain ditemukan Hal Sepele Penyebab Sariawan Yang Sering Terjadi dan terabaikan.

Sariawan merupakan salah satu penyakit mulut yang bisa dialami oleh hampir semua orang. Entah itu di bagian dalam mulut, bibir atau lidah, pasti akan membuat seseorang merasa sangat tidak nyaman dan bahkan sangat sulit untuk makan dan bicara.

Penyakit Sariawan adalah luka kecil dan dangkal yang muncul pada jaringan lunak pada mulut atau pada dasar gusi. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit dan mempersulit makan dan berbicara. Sariawan tidak menular dan dapat muncul satu atau beberapa

Rasa perih dan sakit inilah yang membuat seseorang menggunakan berbagai cara agar sariawan cepat pergi dari mulut mereka.

Penyebab sariawan paling umum adalah daya tahan tubuh yang melemah, kekurangan vitamin B12 serta infeksi bakteri atau virus tertentu. Tak hanya itu saja, sariawan bisa muncul karena beberapa hal lainnya, seperti bibir tergigit ketika mengunyah makanan, lidah tergores makanan yang tajam seperti keripik, atau ketika kamu menyikat gigi terlalu keras sehingga melukai gusi.

Penyakit sariawan kebanyakan dialami oleh remaja usia 10 hingga 19 tahun. Biasanya terjadi akibat kurang menjaga kebersihan mulut atau adanya kerusakan pada selaput lendir di rongga mulut. Gejala sariawan yang muncul biasanya tidak parah dan dapat pulih tanpa pengobatan medis dalam waktu satu hingga dua minggu. Lokasi sariawan dapat terjadi di bagian dalam pipi atau bibir, serta di permukaan gusi dan lidah.

Hal Sepele Penyebab Sariawan Yang Sering Terjadi

Biasanya, seseorang mengalami sariawan akibat lidah dan pipi yang tidak sengaja tergigit. Namun, ternyata ada banyak hal lain yang tanpa disadari dapat menyebabkan sariawan.

  1. Menyikat gigi terlalu keras

Membersihkan gigi dengan cara menyikat tentu menjadi kewajiban setiap hari demi mendapatkan gigi kinclong yang sehat.

Banyak orang yang beranggapan bahwa menyikat dengan tenaga lebih pasti akan membuat gigi lebih bersih. Namun, nyatanya dapat menimbulkan sariawan.

  1. Mulut Kering

Penyebab sariawan selanjutnya bisa timbul karena mulut kering, bisa karena Anda dehidrasi. Mulut kering menyebabkan kuman dan bakteri lebih mudah bersarang, kemudian membuat bau mulut serta sariawan.

  1. Terlalu banyak makan pedas dan berminyak

Jika Anda suka makan gorengan dan saus pedas, berhati-hatilah. Mengonsumsi makanan berminyak dan terlalu pedas dapat menimbulkan luda di mulut akhirnya jadi penyebab sariawan.

  1. Baru memasang kawat gigi

Setiap prosedur medis tentu memiliki efek samping. Nah, salah satu efek samping dari pasang kawat gigi yang paling umum adalah sariawan. Biasanya sariawan muncul di minggu awal pemakaian atau setelah kawat gigi dikencangkan.

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version