Kenali Macam-Macam Penyakit Mental agar Tak Salah Paham

Macam-Macam Penyakit Mental

Macam-Macam Penyakit Mental

Macam-macam penyakit mental sangatlah beragam. Istilah penyakit mental juga dikenal sebagai gangguan kejiwaan atau penyakit psikologis. Umumnya, macam-macam penyakit mental dikaitkan dengan gangguan pemikiran, persepsi, emosi, dan perilaku.

Ada banyak macam-macam penyakit mental dengan presentasi yang berbeda. Macam-macam penyakit mental tidak bisa dianggap sebagai masalah yang disepelekan. Pasalnya, penyakit mental dapat memengaruhi aktivitas dan kehidupan sehari-hari.

Macam-macam penyakit mental ini bisa menimbulkan tanda-tanda yang berbeda dan khas. Ada pengobatan yang efektif untuk penyakit mental dan cara untuk meringankan penderitaan. Pemulihan macam-macam penyakit mental ini pastinya berbeda-beda.

Oleh karena itu, seseorang tidak bisa sembarangan mendiagnosis dirinya mengidap penyakit mental. Diperlukan serangkaian tes dan observasi oleh dokter untuk mengetahui seseorang terganggu mentalnya. Maka dari itu, penting untuk memperoleh banyak informasi tentang macam-macam penyakit mental.

  1. Gangguan Mood (Mood Disorder)

Gangguan ini bisa ditandai dengan perasaan sedih yang berkepanjangan, periode bahagia dan penuh energi selama beberapa waktu, atau perubahan ekstrem dari perasaan sangat bahagia ke sangat sedih.

Beberapa contoh gangguan mood meliputi:

  1. Gangguan Kecemasan (Anxiety Disorder)

Semua orang pasti pernah merasakan cemas, dan hal ini normal. Tapi pada orang dengan gangguan kecemasan, rasa cemas berlangsung konstan dan melumpuhkan fungsi sehari-hari.

Penderita akan merasa sulit berkonsentrasi dan susah tidur karenanya. Selain itu, bisa juga terjadi gejala fisik seperti detak jantung cepat dan keringat berlebihan.

Beberapa contoh gangguan kecemasan adalah sebagai berikut:

  1. Gangguan Kepribadian (Personality Disorder)

Pada orang dengan gangguan kepribadian, mereka memiliki pola pikir, perilaku, serta emosi yang sangat tidak fleksibel sehingga merugikan dirinya sendiri.

Penderita akan kesulitan untuk mengubah perilaku atau beradaptasi dengan situasi yang berbeda. Untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain pun biasanya susah.

Contoh gangguan kepribadian meuliputi:

  1. Gangguan Psikotik (Psychotic Disorder)

Gangguan psikotik adalah sekelompok penyakit yang membuat seseorang sulit membedakan realitas. Penderita dapat mengalami halusinasi (melihat atau mendengar hal-hal yang sebenarnya tidak nyata) dan delusi (meyakini hal-hal yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya).

Berikut beberapa contoh gangguan psikotik:

  1. Gangguan Makan (Eating Disorder)

Gangguan makan paling banyak ditemukan pada remaja perempuan dan wanita muda. Meski demikian, laki-laki juga bisa mengalaminya.

Orang dengan gangguan makan memiliki sikap yang berbeda terhadap makanan, yang membuat mereka mengalami penyimpangan dalam perilaku dan kebiasaan makan.

Contoh gangguan makan yang paling umum, antara lain:

  1. Gangguan Stres Pasca Trauma (Post-Traumatic Stress Disorder)

PTSD dapat muncul pada seseorang yang pernah mengalami kejadian traumatis atau mengerikan, seperti pelecehan fisik dan seksual, kematian tak terduga dari orang yang dicintai, atau bencana alam.

Kenangan tidak menyenangkan tersebut tidak bisa hilang dan membuat penderita PTSD cenderung mati rasa secara emosional.

  1. Gangguan Kontrol Impuls dan Kecanduan (Impulse Control and Addition Disorderatau ICAD)

Orang dengan gangguan ICAD tidak dapat menahan dorongan untuk melakukan tindakan yang dapat membahayakan dirinya atau orang lain.

Beberapa contoh dari gangguan ini antara lain Pyromania (menyulut api hingga menyebabkan kebakaran) dan Kleptomania (mencuri).

Penderita ini juga biasanya kecanduan terhadap alkohol dan obat-obatan, atau kecanduan pada aktivitas tertentu seperti seks atau berbelanja.

Itu dia macam-macam penyakit mental. Jangan menganggap remeh masalah ini dan bantulah orang di sekitar kamu yang sepertinya menderita masalah mental. Jangan takut untuk meminta bantuan dari orang profesional.

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version