7 Makanan yang Mengandung Trigliserida

Makanan Yang Mengandung Trigliserida

Makanan Yang Mengandung Trigliserida

Makanan Yang Mengandung Trigliserida – Tidak semua lemak berbahaya, seperti trigliserida yang merupakan jenis lemak darah yang sebenarnya digunakan untuk memberikan energi. Namun, jika kadarnya terlalu tinggi bisa membawa penyakit yang berbahaya, seperti jantung dan stroke.

Kadar trigliserida yang dinyatakan sehat adalah di bawah 150 mg/dL, sementara 150-199 mg/dL harap berhati-hati, dan 200-499 mg/dL termasuk tidak sehat. Di atas 499 mg/dL sangat tidak sehat.

Kadar trigliserida yang tinggi sebaiknya jangan diremehkan. Pada banyak kasus, dokter akan meresepkan obat-obatan untuk menurunkannya, selain juga perubahan pola makan dan gaya hidup.

Makanan Penyebab Trigliserida Tinggi

Makanan yang mengandung trigliserida memang perlu diwaspadai, karena dapat memicu meningkatnya kadar trigliserida dalam tubuh.

Terkait dengan pola makan, tak dipungkiri ada beberapa jenis makanan yang berpengaruh langsung pada level trigliserida, terutama yang mengandung karbohidrat tinggi.

Berikut adalah beberapa jenis makanan penyebab trigliserida tinggi, yang harus dihindari agar kadar trigliserida tetap normal.

1. Minuman Manis

Minuman yang mengandung gula, seperti es teh, soda, jus buah, dan sebagainya, akan membuat tubuh Anda dibanjiri kelebihan gula. Paling tidak batasi konsumsi minuman manis untuk menurunkan kadar trigliserida.

2. Makanan Bertepung

Makanan yang mengandung tepung, seperti kentang, pasta, atau nasi, merupakan sumber energi yang baik. Akan tetapi, makanan sehat ini akan dipecah menjadi gula saat masuk dalam sistem pencernaan. Kelebihan gula merupakan salah satu penyebab kadar trigliserida menjadi tinggi.

3. Makanan yang Dipanggang

Kadar trigliserida yang tinggi diketahui dipicu oleh asupan makanan yang dipanggang, seperti roti dan sejenisnya. Biasanya makanan tersebut mengandung lemak jenuh yang juga tinggi.

4. Kelapa

Kelapa sudah dikenal memliki banyak manfaat, tetapi kelapa juga mengandung lemak jenuh. Kita memang tak perlu menghindari sama sekali makanan mengandung santan, tetapi sebaiknya batasi saja sampai kadar trigliserida terkontrol.

5. Madu atau Sirup Maple

Tak perlu dijelaskan lagi, madu atau sirup maple mengandung gula yang tinggi. Jika kadar trigliserida Anda tinggi, batasi asupan kedua jenis pemanis ini.

6. Lemak Jenuh

Produk susu berlemak tinggi, butter, daging merah, dan sebagainya, merupakan makanan mengandung lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar trigliserida. Mengurangi makanan penyebab trigliserida naik ini juga bisa membuat level kolesterol terjaga.

7. Alkohol

Kadar trigliserida tinggi adalah alasan lain untuk menjauhi alkohol.

Nah, itu dia makanan yang harus dihindari agar trigliserida tetap normal dan sebaiknya atur pola makan sehari-hari dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Baca Juga Artikel Lainnya

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version