5 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan – Kunyit atau kunir dikenal sebagai bumbu dapur yang bermanfaat untuk menyedapkan masakan. Namun, selain untuk penyedap masakan, kunyit ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Kunyit memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, seperti arabinosa, fruktosa, glukosa, kalsium, kalium natrium, kobalt, seng, zat warna kurkumin, dan minyak atsiri.

Manfaat Kunyit yang Baik untuk Kesehatan

Salah satu bumbu dapur ini sudah dikenal sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan, ataupun mengatasi sejumlah gangguan kesehatan.

Bahkan kunyit juga sudah banyak dikonsumsi secara turun temurun dalam bentuk minuman jamu, yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Adapun beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan yang sudah cukup banyak diketahui adalah:

1. Meredakan Peradangan

Zat aktif kurkumin dalam kunyit merupakan antioksidan yang mengandung efek anti radang. Dalam satu sendok teh kunyit bubuk mengandung sekitar 200 miligram kurkumin yang bekerja memblokir sitokin dan enzim penyebab inflamasi dalam tubuh.

Kurkumin juga mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin dan meningkatkan produksi kortison alami di kelenjar adrenal.

2. Mengobati Sakit Maag

Kemunculan maag dapat dipicu adanya luka di lambung yang diakibatkan infeksi bakteri H. Pylori, mengonsumsi obat anti nyeri jangka panjang, alkohol, rokok, atau makanan yang dikonsumsi. Kondisi tersebut dapat mengikis lapisan dinding usus dan memicu asam lambung naik.

Sejak dahulu, khasiat kunyit banyak digunakan sebagai obat gangguan pencernaan yang ampuh. Jadi, ketika gejala maag kambuh, Anda bisa mencoba menyeduh secangkir teh kunyit hangat untuk meredakan nyeri.

3. Mengempiskan Perut Kembung

Kurkumin dalam kunyit dapat membantu otot organ pencernaan bergerak lebih lancar. Hal ini membuat otot organ dapat bergerak seperti seharusnya untuk mengurangi tekanan gas dalam perut dan menghentikan produksi asam lambung lebih yang menyebabkan perut kembung.

4. Meredakan Nyeri Haid

Bagi para perempuan yang sedang mengalami nyeri haid, mengonsumsi kunyit dapat membantu meredakan nyeri haid. Kandungan kurkumin dalam kunyit berfungsi sebagai pereda nyeri alami yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab perut kram.

Kurkumin juga mengurangi aliran ion kalsium yang masuk pada sel-sel epitel rahim. Selain itu, kurkumin juga mengurangi produksi hormon penyebab rasa sakit dan peradangan.

5. Menurunkan Berat Badan

Kurkumin kunyit berfungsi menekan respon peradangan pada sel tubuh, temasuk sel pankreas, lemak, dan otot. Reaksi ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah, dan kolesterol serta gangguan metabolik lainnya akibat berat badan berlebih.

Namun, manfaat kunyit ini bisa Anda peroleh jika mengombinasikannya dengan asam jawa. Sebab jika dikonsumsi sendiri, kunyit lambat diserap ke dalam darah tapi lebih cepat dipecah oleh hati sehingga tubuh tidak merasakan banyak manfaatnya.

Dalam jangka panjang, minum jamu kunyit asam dapat membuat hasil penurunan berat badan jadi lebih maksimal.

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version