Manfaat Madu bagi Kesehatan, Salah Satunya Sebagai Antioksidan

Manfaat Madu bagi Kesehatan

Manfaat Madu bagi Kesehatan

Siapa yang tak kenal madu? Salah satu makanan yang memiliki rasa manis dan digemari oleh banyak orang. Dibalik rasanya yang manis, madu ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan.

Rasa manis yang dimiliki oleh madu memang berbeda dengan yang diberikan oleh gula. Pasalnya, sumber rasa manis yang khas dari madu adalah monosakarida fruktosa serta glukosa. Kandungan kalori gulanya juga mampu menyerap lemak, terlebih saat dikonsumsi bersamaan dengan air hangat.

Mengetahui hal tersebut, madu asli tentu cocok untuk dikonsumsi oleh semua orang, termasuk penderita diabetes.

Manfaat Madu bagi Kesehatan

  1. Sebagai pengganti gula

Rasa manis yang dimiliki madu membuatnya dapat digunakan sebagai pengganti gula dalam asupan harian Anda. Gula berlebih yang ditambahkan kedalam asupan hanya akan menjadi kalori tanpa memiliki nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Menambahkan madu sebagai pemanis makanan maupun minuma Anda akan memberikan rasa manis yang serupa dengan gula tanpa perlu mendapatkan dampak negatif yang diberikan gula.

Namun perlu diingat bahwa madu tetaplah pemanis yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

  1. Kaya akan antioksidan

Madu yang asli dan berkualitas tinggi, mengandung banyak antioksidan di dalamnya. Antioksidan inilah yang memberikan banyak manfaat madu untuk kesehatan. Sebab, komponen ini merupakan komponen yang sangat baik untuk tubuh, sebab dapat mengurangi risiko terjadinya serangan jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

  1. Baik untuk kulit wajah

Manfaat madu lain yang bisa Anda peroleh adalah untuk membuat kulit terlihat lebih bersih dan bebas dari jerawat.

Madu juga dipercaya berguna untuk mengatasi berbagai kondisi kulit yang muncul akibat penyakit autoimun seperti eksim atau psoriasis. Bahkan, bahan yang satu ini juga dinilai dapat membantu mengontrol pertumbuhan jamur berlebih di kulit.

  1. Melegakan tenggorokan

Manfaat madu juga bisa didapatkan saat Anda mencapurkannya dengan bahan lain, seperti teh atau air lemon, misalnya. Campuran bahan-bahan tersebut, dipercaya dapat membantu melegakan tenggorokan.

Tidak hanya itu, badan kesehatan PBB, WHO bahkan merekomendasikan madu sebagai bahan alami untuk mengobati batuk.

  1. Membantu penyembuhan luka

Penelitian menyebutkan, madu dapat membantu penyembuhan luka bakar derajat sedang dan luka operasi yang mengalami infeksi. Madu juga dinilai efektif untuk mengobati luka pada kaki pasien diabetes yang memiliki risiko untuk amputasi.

Kemampuan madu dalam menyembuhkan luka didapat dari kandungan antibakteri serta antiradang yang dimilikinya. Selain itu, madu juga mampu memberikan nutirisi bagi jaringan di sekitar luka.

  1. Baik untuk mempertahankan daya ingat

Manfaat madu yang satu ini didapatkan dari kandungan polifenol yang ada di dalamnya. Polifenol, merupakan komponen yang sudah terbukti dapat meningkatkan fungsi otak yang berhubungan dengan daya ingat.

Perhatikan jenis madu yang dipilih. Pilihlah madu yang asli dan jangan yang mengandung banyak gula.

Jika informasi yang diberikan kurang jelas atau Anda ingin informasi tambahan lainnya, Anda bisa berkonsultasi dengan Mhomecare. Mhomecare siap sedia 24/7 melayani.

Untuk informasi dan update kesehatan lainnya. Kunjungi website kami www.mhomecare.co.id

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version