Tips Mengobati Vertigo Secara Alami

Mengobati Vertigo Secara Alami

Mengobati Vertigo Secara Alami

Mengobati Vertigo Secara Alami – Anda yang sering mengalami vertigo atau sering disebut dizziness, mungkin sudah tidak asing dengan keluhan yang sering dianggap sebagai gejala vertigo. Seperti, kepala terasa melayang dan ruangan serasa berputar.

Vertigo secara garis besar terbagi menjadi dua jenis, yaitu vertigo perifer dan vertigo sentral. Vertigo perifer adalah jenis vertigo yang lebih banyak dialami. Vertigo jenis ini disebabkan adanya gangguan pada telinga dalam.

Sering kali gejala vertigo akan membaik seiring berjalannya waktu meski tanpa pengobatan, salah satunya dengan beristirahat.

Hal ini terjadi karena otakmu dapat menyesuaikan diri pada perubahan telinga bagian dalam, sebagai upaya menjaga keseimbangan tubuh.

Cara Mengobati Vertigo secara Alami

Meski begitu, ada beberapa cara mengobati vertigo secara alami yang ditentukan berdasarkan penyebab dan tingkat keparahan vertigo yang dialami oleh pasien, di antaranya:

1. Minum banyak air putih

Minum banyak air putih untuk atasi Vertigo

Syarat mutlak agar tubuh bugar adalah terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh. Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari untuk mencegah dehidrasi.

Seseorang yang kurang minum air putih akan sering mengalami sakit kepala. Kondisi ini dapat memicu munculnya vertigo. Maka, biasakanlah meminum 8-10 gelas air putih dalam sehari agar mengurangi risiko serangan vertigo.

2. Perbanyak mengonsumsi makanan berprotein

Salah satu penyebab vertigo adalah terganggunya sistem syaraf. Nah, untuk mengatasi vertigo secara alami, Anda sangat dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein seperti daging, ayam, dan kacang-kacangan.

Makanan yang mengandung protein dan asam amino sangat baik untuk menjaga sel-sel dan jaringan tubuh. Selain itu juga dapat memperbaiki fungsi syaraf dan memperlancar sirkulasi darah.

Oleh karena itu, makanan berprotein sangat baik dikonsumsi para penderita vertigo.

3. Latihan konsentrasi

Latihan konsentrasi untuk atasi Vertigo

Cobalah menatap suatu objek yang berada di depan Anda ketika Anda merasakan mual atau saat tanda vertigo akan muncul. Jika Anda berada di luar ruangan, Anda bisa memperhatikan kendaraan yang berlalu lalang satu persatu.

Berlatihlah untuk fokus melihat benda selama lima menit agar mengurangi risiko kehilangan kesadaran saat vertigo menyerang.

4. Latihan fisik

Beberapa gerakan ringan seperti menggerakkan sendi, kepala, dan bola mata dapat menjadi terapi latihan fisik bagi Anda yang mengidap vertigo. Anda juga bisa melakukan yoga untuk melatih keseimbangan tubuh.

Untuk meningkatkan kinerja bola mata, Anda bisa melatih gerakan bola mata Anda ke kiri dan ke kanan selama beberapa menit. Hal ini sangat berguna agar syaraf di kepala lebih aktif dan mencegah  kehilangan kesadaran jika terserang vertigo.

5. Mengkonsumsi susu dan olahan sejenis

Mengkonsumsi susu untuk atasi Vertigo

Susu dan yoghurt sangat baik dikonsumsi bagi penderita vertigo. Selain menambah asupan gizi dan menunjang kesehatan, susu juga dapat membantu tubuh agar beristirahat dengan mudah.

Seseorang yang memiliki penyakit vertigo sangat rentan kelelahan. Maka hindari  begadang dan atur pola tidur. Sebelum tidur, dianjurkan minum segelas susu hangat agar waktu istirahat terasa lebih nyaman.

6. Hirup aromaterapi

Cara yang bisa Anda terapkan untuk mengobati vertigo adalah dengan menghirup aroma terapi. Aroma terapi dengan wangi citrus dapat membantu meredakan rasa mual dan pusing saat vertigo menyerang.

Namun jika Anda tidak memiliki aroma terapi dengan wangi citrus, Anda bisa menggunakan aroma terapi lain yang Anda suka. Misalnya jika Anda suka aroma minyak kayu putih, hiruplah aromanya dalam-dalam.

Hal ini dapat membantu  meregangkan syaraf-syaraf kepala yang menegang dan memberikan efek relaksasi untuk mengurangi rasa nyeri akibat vertigo.

7. Perbaiki posisi tidur

Saat akan tidur di malam hari atau di siang hari, ada baiknya jika posisi bantal kepala Anda sedikit lebih tinggi. Selain itu, saat Anda baru bangun tidur bangkitlah secara perlahan dan hindari gerakan yang terlalu tergesa-gesa.

Sempatkanlah duduk selama 1-2 menit sebelum meninggalkan tempat tidur.

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version