Jasa Pijat Laktasi, Solusi Menyusui Bayi Lancar Secara Alami

ibu lancar menyusui bayi dengan pijat laktasi

Ibu Lancar Menyusui Bayi Dengan Pijat Laktasi (Img: https://www.nordicnaturals.com/)

Pijat laktasi salah satu cara yang sangat mendukung ibu menyusui agar lancar dalam menyusui si buah hati. Sebab, cara alami ini memiliki manfaat yang baik untuk ibu menyusui terutama ibu yang memiliki ASI sedikit.

Pentingnya manfaat ASI, untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang bayi membuat setiap Ibu menginginkan proses menyusui bayi agar berjalan lancar. Salah satu cara agar ibu lancar menyusui adalah dengan pijat laktasi.

Seperti yang kita tahu bahwa tidak semua wanita yang telah melahirkan memiliki produksi ASI yang berlimpah.

Hal tersebut tentunya disebabkan oleh beberapa faktor. Namun, produksi ASI yang berlimpah tentunya menjadi sebuah harapan bagi setiap ibu menyusui. maka sangat disarankan untuk setiap ibu menyusui melakukan pijat payudara.

Apa Itu Pijat Laktasi

Pijat laktasi merupakan istilah yang merujuk pada pijat ibu menyusui. Pijat laktasi ini memang dikhususkan untuk ibu menyusui bayi karena memang menitikberatkan pada bagian payudara.

Pijat laktasi pada umumnya dilakukan oleh seorang wanita yang memiliki masalah akan produksi ASI. Wanita yang memiliki produksi ASI tidak lancar bahkan tidak memiliki ASI sama sekali menang sangat diwajibkan untuk melakukan pijat laktasi.

Pijatan tersebut ternyata tidak hanya memiliki manfaat melancarkan ASI dan memperbanyak pengeluaran ASI, tetapi pijat laktasi membantu mengurangi bengkak pada payudara akibat ASI yang belum keluar serta mencegah terjadinya mastitis.

Pemijatan yang dilakukan secara lembut di bagian payudara, lalu dilanjutkan pada bagian tengkuk, punggung, bahu dan pinggang ini bisa memberi dampak positif pada kondisi fisik dan pikiran Ibu.

Otot-otot tubuh Ibu menjadi lebih rileks, sirkulasi darah semakin lancar dan pikiran menjadi tenang sehingga memicu produksi hormon oksitoksin yang lebih banyak.

Dengan melakukan pijat tersebut maka produksi hormone oksitosin akan terpicu. Hormone oksitosin itu sendiri merupakan hormone yang memiliki peran penting untuk pengeluaran ASI.

Manfaat Pijat Laktasi

Berikut beberapa manfaat pijat payudara bagi ibu yang sedang menyusui, antara lain:

Meningkatkan kualitas ASI

Pijat payudara ini mampu meningkatkan jumlah kandungan nutrisi pada ASI, terutama jika dilakukan sejak hari pertama setelah persalinan hingga 11 bulan kemudian.

Kasein, lemak, dan energi merupakan beberapa zat penting yang jumlahnya bertambah setelah melakukan pijat payudara.

Melancarkan saluran ASI yang mampet

Saluran ASI yang mampet atau tersumbat dapat menyebabkan jaringan di sekitar saluran ASI membengkak.

Hal ini disebabkan oleh produksi ASI yang lebih cepat dari frekuensi bayi menyusu. Pijat laktasi merupakan salah satu cara untuk mengatasi saluran ASI yang mampet.

Memperbanyak produksi ASI

Pijat laktasi dapat membuat produksi ASI ibu menyusui menjadi lancar dan berlimpa

Cara Melakukan Pijat Payudara

Cara Melakukan Pijat payudara agar ASI lancar dalam menyusui, sebagai berikut:

  1. Untuk mengawali pijat laktasi, Ibu perlu mengompres kedua payudara dengan lap yang telah direndam air panas.
  2. Basahi kain kasa dengan baby oil, lalu usap di sekujur puting untuk membersihkan area puting yang kotor.
  3. Pijat puting dan areola (daerah kemerahan di sekitar puting) ke arah atas, bawah, kanan dan kiri sebanyak 5-6 kali
  4. Topang payudara kiri menggunakan tangan kiri, urut payudara dari pangkal ke arah puting menggunakan tangan kanan. Lakukan bergantian dengan payudara kanan.
  5. Bersihkan kedua payudara dengan air hangat lalu kompres menggunakan lap yang telah direndam air dingin.
  6. Lanjutkan dengan pijatan lembut di bagian kepala, leher, bahu dan punggung

Pemijatan yang dilakukan secara lembut di bagian payudara, lalu dilanjutkan pada bagian tengkuk, punggung, bahu dan pinggang ini bisa memberi dampak positif pada kondisi fisik dan pikiran Ibu.

Otot-otot tubuh Ibu menjadi lebih rileks, sirkulasi darah semakin lancar dan pikiran menjadi tenang sehingga memicu produksi hormon oksitoksin yang lebih banyak.

Jasa Layanan Pijat Laktasi

Pemijatan yang dilakukan secara lembut di bagian payudara, lalu dilanjutkan pada bagian tengkuk, punggung, bahu dan pinggang ini bisa memberi dampak positif pada kondisi fisik dan pikiran Ibu. Otot-otot tubuh Ibu menjadi lebih rileks, sirkulasi darah semakin lancar dan pikiran menjadi tenang sehingga memicu produksi hormon oksitoksin yang lebih banyak.

Pijat ini memang bisa dilakukan sendiri, namun agar lebih mendapatkan hasil yang optimal lebih baik dilakukan oleh terapis pijat laktasi yang professional.

Jika ingin mencari bantuan profesional untuk mengatasi masalah dalam produksi ASI disarankan menggunakan Layanan Kesehatan MHomecare. MHomecare menyediakan layanan pijat laktasi untuk ibu menyusui dan dilakukan oleh tenaga kesehatan yang professional, berpengalaman dan berlisensi.

Moms tidak perlu khawatir mencari terapis untuk pijat payudara karena melalui aplikasi Mhomecare yang dapat di download di play store atau bisa juga melalui web mhomecare.co.id .

Pelayanan terbaik akan diberikan melalui terapis professional yang menjadi mitra MHomecare. MHomecare juga terus berkomitmen untuk mengembangkan pelayanan agar masyarakat Indonesia dapat merasakan perawatan berkualitas.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version