5 Perawatan dan Pengobatan Sirosis Hati Terbaik

Perawatan dan pengobatan sirosis

5 Perawatan dan Pengobatan Sirosis Hati Terbaik. (Img: (Shutterstock)

Pengobatan sirosis disesuaikan dengan penyebab yang mendasari dan tingkat kerusakan hati. Pada dasarnya sirosis tidak dapat disembuhkan, pengobatan hanya bertujuan untuk memperlambat kerusakan hati agar tidak semakin parah, mengendalikan gejala, dan mencegah komplikasi sirosis.

Sirosis adalah jaringan parut (fibrosis) hati yang disebabkan oleh berbagai faktor risiko seperti infeksi virus hepatitis B, hepatitis C, dan konsumsi mimuman beralkohol berlebihan.

Pada tahap awal, sirosis tidak menimbulkan gejala sama sekali sehingga penderitanya kerap tidak menyadari. Gejala sirosis umumnya baru terjadi ketika kerusakan hati telah parah dan fungsi hati tidak bisa berjalan sebagai mana mestinya.

Kerusakan hati yang sudah parah mengharuskan pasien menjalani tindakan medis seperti transplantasi atau cangkok hati. Hati yang rusak akan diganti dengan hati yang normal.

Baca juga: Sirosis: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahan

5 Perawatan dan Pengobatan Sirosis

Apabila kerusakan hati belum mengharuskan pasien untuk menjalani operasi transplantasi hati, maka perawatan dan pengobatan sirosis yang seperti berikut ini dapat dilakukan:

1. Berhenti Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Salah satu penyebab sirosis adalah minuman beralkohol. Sehingga pengobatan sirosis tahap awal bisa fokus untuk menghentikan konsumsi minuman beralkohol.

Sirosis yang disebabkan karena kecanduan minuman beralkohol dapat mengikuti program perawatan kecanduan beralkohol.

2. Menurunkan Berat Badan

Perawatan pada pasein sirosis nonalkohol akibat penumpukan lemak pada hati mengharuskan pasien menjalani perawatan untuk menurunkan berat badan dan mengontrol kadar gula darah.

3. Pengobatan Sirosis Akibat Hepatitis

Sirosis yang disebabkan karena hepatitis harus diobati menggunakan obat-obatan khusus untuk memperlambat kerusakan hati akibat infeksi virus hepatitis B atau hepatitis C.

4. Pengobatan untuk Meredakan Gejala Sirosis

Ada beragam gejala sirosis seperti kelelahan, nyeri, pembengkakan, gatal, mual, dan muntah. Pengobatan sirosis ini bertujuan untuk mengendalikan atau meredakan gejala sirosis.

5. Vaksinasi

Vaksinasi seperti flu atau vaksin lain yang dibutuhkan sesuai rekomendasi dokter mungkin saja perlu dilakukan pada pasien sirosis. Umumnya vaksinasi dapat dilakukan setiap tahun. Bicarakan dengan dokter mengenai pengobatan sirosis dengan melakukan vaksinasi.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Referensi:
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cirrhosis/diagnosis-treatment/drc-20351492 (Diakses 18 Desember 2021)
https://www.nhs.uk/conditions/cirrhosis/treatment/ (Diakses 18 Desember 2021)
Exit mobile version