Penyebab pendengaran berkurang yang harus diwaspadai

penyebab pendengaran berkurang

Pendengaran berkurang dapat terjadi oleh siapa saja, kondisi seperti ini bisa menyebabkan kinerja telinga dan fungsinya menurun sehingga dapat menggangu aktivitas.

Telinga merupakan indera pendengaran juga dapat mengalami gangguan atau tuli, sehingga kinerja dan fungsinya menurun dan menyebabkan kemampuan pendengaran pada telinga berkurang,

Pada kasus gangguan telinga ini setiap orang memiliki penyebab yang berbeda-beda, biasanya kondisi ini diawali dengan munculnya suara dengungan dan berkurangnya kemampuan pendengaran yaitu suara apapun yang didengar terasa jauh.

Pendengaran yang berkurang harus segara diatasi sebaik mungkin agar tidak menyebabkan komplikasi gangguan yang lainnya, seperti hilangnya pendengaran secara permanen dan gangguan telinga lainnya. Maka dari itu anda harus mengetahui penyebab dari pendengaran yang berkurang, simak penjelasan berikut. 

Berbagai faktor penyebab pendengaran berkurang

  1. Faktor usia

Seiring bertambahnya usia setiap orang akan mulai mengalami pendengaran berkurang, nah gangguan karena faktor usia ini dikenal dengan sebutan presbikusis. Karena faktor ini biasanya struktur telinga jadi kurang elastis.

  1. Paparan suara yang keras

Mendengar suara yang keras biasanya sering dilakukan juga didengar oleh setiap orang dan tanpa disadari dapat merusak gangguan pendengaran yaitu kebiasaan mendengarkan music lewat earphone dengan volume yang besar, tidak hanya itu suara keras yang berasal dari pesawat terbang atau suara ledakan juga diketahui dapat merusak sel-sel rambut koklea.

Suara yang nyaring dan durasi yang lama juga dapat mengakibatkan gangguan pendengaran semakin parah, bahkan nantinya akan berkembang menjadi gangguang yang bersifat permanen.

  1. Infeksi Telinga Tengah

Gangguan pendengaran pada telinga juga dapat disebabkan oleh infeksi pada telinga. Hal ini terjadi karena bagian belakang gendang telinga penuh dengan cairan yang berisi bakteri. Perlu diketahui telinga tengah berhubungan secara lansung dengan tenggorokan, jika terjadi adanya infeksi maka dapat menimbulkan infeksi serta demam kemudian menimbulkan penyebab pendengaran yang kurang jelas.

  1. Obat-obatan tertentu

Beberapa obat-obatan dapat menyebabkan gangguan baik sementara maupun permanen, jenis obat-obatan tersebut seperti antibiotik streptomycin, aspirin dan obat-obat kemoterapi seperti cisplatin dan cyclophosphamide. Tak jarang sekali menyebabkan efek samping berupa gangguan pendengaran.

  1. Perforasi eardrum

Gendang telinga rusak juga bertanggung jawab terhadap pendengaran yang kurang jelas. Nah gendang telinga dapat pecah bisa di sebabkan karena trauma atau kotoran yang menumpuk pada telinga sehingga harus segera diatasi.

  1. Neuroma akustik

Neuroma akuisitik ialah salah satu tumor jinak maupun ganas yang tumbuh di sel tumor bagian saraf kranial yang secara langsung berkaitan dengan jaringan telinga bagian dalam ke jaringan otak.

Tumor yang terus membesar ini dapat mendorong, mendesak dan menekan saraf kranial sehingga pendengaran semakin berkurang yang menyebabkan penderitanya menjadi tuli.

Nah, itulah beberapa penyebab pendengaran kurang jelas dapat disebabkan karena macam-macam penyakit telinga. Telinga ialah salah satu indra yang sangat penting, maka jangan sepelekan hal-hal kecil. Untuk itu jagalah kesehatan telinga sebaik mungkin, agar selalu berfungsi dengan baik.

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version