Yuk Kenali 9 Penyebab Trigliserida Tinggi

Penyebab Trigliserida Tinggi

Penyebab Trigliserida Tinggi

Penyebab Trigliserida Tinggi – Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak akan meningkatkan trigliserida dalam darah dan cenderung meningkatkan kadar kolesterol. Lemak berasal dari buah-buahan seperti kelapa, durian, dan alpukat yang tidak mengandung kolesterol tetapi memiliki kadar trigliserida tinggi.

Satu-satunya cara untuk mengetahui kadar trigliserida darah apakah dalam ambang normal atau tidak adalah dengan melakukan tes darah. Ketika hasilnya sudah diperoleh, maka bandingkanlah dengan nilai normal, yaitu kurang dari 150 mg per desiliter atau kurang dari 1,7 mmol per liter.

Penyebab Trigliserida Tinggi

Tingginya kadar trigliserida harus diwaspadai karena dapat meningkatkan risiko stroke ataupun serangan jantung, dan kondisi ini bisa terjadi sebagai akibat kebiasaan makan yang buruk dan masalah medis tertentu, berikut adalah beberapa penyebab trigliserida tinggi:

1. Diet tinggi lemak, gula dan karbohidrat

Jika Anda makan banyak makanan penuh gula dan lemak jenuh, maka Anda memiliki peningkatan risiko terkena kolesterol tinggi. Hal ini dapat menyebabkan hipertrigliseridemia, terutama jika Anda mengkonsumsi sebagian besar kalori tersebut dalam bentuk karbohidrat.

2. Hypothyroidism (kadar hormon tiroid rendah)

Ketika tubuh tidak menghasilkan hormon tiroid yang cukup, maka trigliserida dan kadar kolesterol cenderung menjadi tinggi. Dan kondisi akan membaik setelah Anda mulai minum obat untuk meningkatkan kadar hormon tiroid.

3. Rajin Konsumsi alkohol

Minum minuman beralkohol secara teratur dapat penyebab kadar trigliserida naik. Jika hal ini terjadi, Anda harus berhenti minum alkohol atau menguranginya sesuai petunjuk dokter.

4. Penyakit ginjal kronis

Ketika kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) rendah sedangkan trigliserida tinggi, maka itu mungkin merupakan tanda dari penyakit ginjal. Dokter akan mengevaluasi masalah ini dan memberikan penanganan sesuai penemuannya.

5. Kondisi herediter

Kadang-kadang kadar trigliserida tinggi memang tercatat dalam gen Anda. Jika anggota lain dari keluarga Anda menderita kolesterol tinggi atau trigliserida tinggi, maka ada kemungkinan kuat Anda juga mengalaminya.

6. Kelebihan lemak perut

Bila Anda memiliki terlalu banyak lemak di sekitar perut, alias perut buncit, maka tubuh bisa memicu reaksi kimia yang membuat sulit bagi Anda untuk menjaga kadar lipid dalam taraf yang normal dan sehat.

Kelebihan lemak perut dapat memicu kadar trigliserida naik, dan menimbulkan beberapa keluhan penyakit lainnya.

7. Kurang olahraga

Ketika berolahraga, maka tubuh akan berusaha mempertahankan kadar HDL pada tingkat yang sehat, sebagian karena reaksi kimia dalam otot-otot. Oleh sebab itu, jika Anda tidak melakukan aktivitas fisik, keuntungan ini dapat turun secara signifikan dan yang naik malah kolesterol jahat dan trigliserida.

8. Obat-obatan

Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan trigliserida tinggi, termasuk beta-blocker, diuretik (furosemid), estrogen, retinoid, kortikosteroid (dexametason, dsb.) dan protease inhibitor.

9. Diabetes tipe 2 tidak terkontrol

Bila Anda memiliki penyakit diabetes yang tidak terkentrol, dalam arti kata gula darah selalu tinggi karena tidak rajin minum obat, maka kondisi ini dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah. Oleh sebab itu sangat penting untuk menjalani program perawatan untuk mengontrol gula darah agar selalu berada pada nilai normal.

Itu dia penyebab trigliserida tinggi. Pastikan Anda selalu mengikuti perintah dokter dengan hati-hati, jangan sembarangan minum obat.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version