Obat Asma Salbutamol: Fungsi, Dosis, Harga, dan Efek Samping

Obat Asma Salbutamol: Fungsi, Dosis, Harga, dan Efek Samping

Obat Asma Salbutamol: Fungsi, Dosis, Harga, dan Efek Samping. (Img: 123rf.com)

Salbutamol merupakan obat asma yang bekerja untuk merelaksasi otot saluran pernapsan termasuk saluran udara pada organ paru-paru (bronkospasme) akibat penyimpitan.

Butuh waktu setidaknya 3 hingga 5 jam agar pengguna dapat merasakan efek dari obat Salbutamol. Tergantung juga dengan jenis obat yang digunakan.

Obat ini termasuk golongan obat selctive beta-2-adrenergic agonists dengan reaksi cepat dan tersedia dalam beberapa jenis seperti hirup (inhaler), tablet, sirup hingga injeksi.

Baca juga: Kumpulan Obat Asma Paling Ampuh di Apotek

Fungsi Salbutamol

Salbutamol yang juga disebut sebagai obat albuterol ini akan berfungsi untuk mengatasi penyempitan pada saluran pernapasan akibat kondisi medis tertentu seperti asma.

Otot-otot yang ada pada saluran udara atau saluran pernapasan akan direlaksaski atau dilemaskan agar udara dapat masuk dan keluar dengan normal.

Selain berguna untuk mengatasi gejala asma, Salbutamol juga dapat digunakan untuk mengobati masalah pernapasan lainnya seperti Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), emfisema dan bronkitis kronis.

Dosis Salbutamol

Salbutamol merupakan obat resep dokter, sehingga cara penggunaan dan dosisnya harus berdasarkan anjuran dokter.

Setiap jenis obat salbutamol mempunyai cara penggunaan dan dosisnya masing-masing. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran terbaik sesuai dengan kondisi kesehatan.

Dosis Salbutamol Hirup (inhaler)

Dosis Salbutamol Tablet dan Sirup

Dosis Salbutamol Injeksi Intramuskuler atau Subkutan (IM/SC)

Obat Salbutamol jenis ini digunakan untuk mengatasi sesak napas akibat penyempitan saluran pernapasan dan hanya boleh diberikan kepada orang dewasa dengan dosis 500 mcg (8mcg/kg) setiap 4 jam sekali.

Penting!

Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan dosis Salbtutamol sesuai dengan kebutuhan atau tingkat keparahan penyakit.

Harga Salbutamol

Obat sesak napas ini dapat diperoleh dalam berbagai jenis dengan harga yang bervariatif. Berikut estimasi harga obat Salbutamol di toko online atau apotek:

Efek Samping Salbutamol

Meski obat Salbutamol tergolong aman, namun obat ini tetap dapat menyebabkan risiko efek samping seperti:

Efek samping yang ditimbulkan Salbutamol tersebut tergolong wajar dan masih dalam tahap aman.

Efek samping yang berbahaya dan patut diwaspadai setelah menggunakan Salbutamol adalah:

Ketika reaksi alergi tersebut muncul setelah menggunakan Salbutamol, segera hubungi atau temui dokter.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version