Stroke Hemoragik: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahan

Stroke Hemoragik: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahan

Stroke Hemoragik: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahan. (Img: medsbla.com)

Stroke hemoragik adalah kondisi di mana pembuluh darah arteri di otak pecah sehingga mengakibatkan otak tidak mendapatkan suplai darah yang berisi oksigen. Sel-sel otak yang tidak mendapatkan suplai darah dapat mengalami kerusakan dan kematian.

Stroke hemoragik disebut juga dengan stroke berdarah yang dibagi menjadi dua jenis, yaitu perdarahan instraserebral dan perdarahan subrachnoid. Berikut penjelasannya dari masing-masing jenis stroke hemoragik:

Pendarahan subarchnoid yang mengakibatkan stroke dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah pecahnya aneurisma atau area di dalam arteri.

Baca juga: 5 Penyebab Stroke Ringan di Usia Muda Beserta Ciri-Cirinya

Gejala Stroke Hemoragik

Setiap orang dapat mengalami gejala stroke hemoragik yang berbeda-beda, hal ini dipengaruhi oleh seberapa parah jaringan yang mengalami pecah dan lokasi terjadinya perdarahan.

Secara umum, gejala dari stroke hemoragik adalah sebagai berikut:

Selain itu, terdapat gejala lain seperti mengalami rasa nyeri pada area wajah atau mata, leher sulit digerakkan, dan kaku. Dalam kurun waktu 24 jam, kondisi yang diakibatkan oleh perdarahan subarachnoid dapat semakin memburuk.

Segera bawa pasien stroke jenis ini ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan, semakin cepat mendapatkan penanganan medis, maka semakin tinggi harapan sembuh sekaligus menurunkan risiko kecacatan atau kelumpuhan.

Penyebab Stroke Hemoragik

Stroke hemoragik disebabkan karena pecahnya pembuluh darah yang ada di otak, berikut beberapa faktor risikonya, yaitu:

Dibutuhkan pemeriksaan secara medis oleh dokter untuk mengetahui penyebab pasti dari stroke jenis ini.

Diagnosis Stroke Hemoragik

Dokter dapat mendiagnosis pasien stroke hemoragik dengan melakukan pemeriksaan menggunakan alat medis atau mendiagnosis dari gejala yang dialami oleh pasien. Dalam pemeriksaan menggunakan alat medis, dokter akan menggunakan:

Pengobatan Stroke Hemoragik

Pengobatan stroke hemoragik disesuaikan dengan gejala, lokasi perdarahan, dan seberapa buruk perdarahan. Dokter biasanya memberikan resep obat stroke hemoragik yang berfungsi untuk menghentikan perdarahan seperti vitamin K dan tindakan transfusi darah trombosit.

Pada kasus stroke hemoragik yang buruk, dokter akan melakukan tindakan operasi untuk memperbaiki pembuluh darah sekaligus menghentikan perdarahan yang terjadi.

Komplikasi Stroke Hemoragik

Stroke hemoragik dapat menyebabkan komplikasi penyakit atau kondisi yang buruk seperti:

Pencegahan Stroke Hemoragik

Pencegahan stroke hemoragik dapat dilakukan dengan mengurangi faktor risiko atau penyebab seperti penyakit hipertensi, obesitas, kolesterol tinggi dan sejenisnya. Beberapa kiat untuk melakukan pencegahan pada stroke hemoragik ini adalah:

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Referensi:
https://www.alodokter.com/stroke-hemoragik

Exit mobile version