Tips Menjaga Kesehatan Telinga Di Hari Pendengaran Nasional

hari pendengaran nasional

Hari Pendengaran Nasional jatuh pada tanggal 3 Maret setiap tahun. Ternyata menurut salah satu artikel angka tiga dipilih karena bentuknya yang menyerupai telinga.

Hari Pendengaran Nasional diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran supaya selalu menjaga kesehatan telinga dan pendengaran. Karena berdasarkan data yang terambil dari World Health Organization ( WHO ), saat ini sudah ada 360 juta orang didunia yang mengalami gangguan pendengaran. Sekitar 20% diantaranya membutuhkan alat bantu pendengaran.

Pendengaran yang sehat akan meningkatkan kualitas hidup untuk lebih baik dan lebih bahagia. Maka dari itu, dalam momentum Hari Pendengaran Nasional ini mari kita bersama sama menjaga dengan sebaik baiknya alat pendengaran kita, dengan cara menjalani gaya hidup sehat, menghindari tempat bising, dan yang terpenting, adalah melakukan pemeriksaan dan deteksi dini gangguan pendengaran.

Untuk memperingati hari kesehatan telinga, ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan telinga. Yaitu:

  1. Jangan menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga.

Kita tidak dianjurkan untuk memasukkan cotton bud atau sesuatu lainnya ke dalam telinga untuk membersihkan telinga. Hal ini justru sangat berisiko untuk mendorong kotoran telinga masuk lebih dalam. Selain itu memasukkan sesuatu ke dalam rongga telinga juga berisiko dapat merusak organ sensitive dalam telinga, seperti gendang telinga.

  1. Lindungi telinga dari suara keras

Sebaiknya hindari suara-suara yang keras seperti alat listrik yang mengeluarkan suara dan sebagainya. Atau pada saat mendengarkan musik, sebaiknya jangan mengatur volume pemutar musik anda terlalu keras. Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan headphone/earphone untuk mendengarkan musik.

  1. Jaga telinga anda tetap kering

Telinga yang selalu basah atau kelembaban telinga yang berlebihan dapat memungkinkan bakteri untuk masuk ke dalam saluran telinga. Hal ini dapat menyebabkan infeksi pada telinga yang disebut dengan telinga pernang atau otitis eksterna. Jika Anda merasa ada air yang masuk ke telinga, segera miringkan kepala Anda dan tarik kuping telinga untuk merangsang air keluar.

  1. Lakukan pemeriksaan telinga secara rutin ke dokter

Periksa telinga Anda secara rutin ke dokter, terlebih lagi saat lansia. Gangguan pendengaran berkembangan secara bertahap, sehingga Anda perlu memastikan kondisi telinga Anda dalam keadaan sehat setiap waktu.

Ada beberapa macam gangguan pendengaran tak bisa dianggap sepele karena bisa menurunkan kualitas hdup. Seperti :

  1. Tuli sejak lahir
  2. Infeksi telinga tengah
  3. Kotoran telinga
  4. Tuli akibat bising
  5. Tuli pada usia lanjut

Indera pendengaran adalah sebuah anugerah dari Tuhan, yang tidak akan bisa digantikan oleh apapun. Maka dari itu , kita harus menjadga dan merawat alat pendengaran kita dengan baik.

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version