Apa itu Trigliserida? Gejala, Penyebab dan Mengobati

Apa itu Trigliserida

Apa itu Trigliserida

Apa Itu Trigliserida? adalah zat lemak dalam darah yang disimpan dalam sel lemak tubuh, jika kadarnya berlebih bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit. Karenanya ketahui gejala, penyebab dan pencegahannya.

Apa itu Trigliserida?

Trigliserida adalah salah satu jenis lemak utama yang mengalir di dalam darah manusia yang berfungsi untuk menyimpan kalori dan menyediakan energi untuk tubuh. Trigliserida dihasilkan tubuh dari sumber energi lainnya, yaitu karbohidrat dan dari pencernaan lemak yang terdapat dalam makanan.

Di dalam darah terdapat dua jenis lemak berbeda, yaitu trigliserida dan kolesterol. Kolesterol berfungsi membangun sel-sel dan hormon tertentu. Keduanya tidak bisa larut dalam darah dan protein membantu kedua jenis lemak ini untuk mengalir ke seluruh bagian tubuh. Jika memiliki kadar trigliserida tinggi, kemungkinan besar juga mengalami kolesterol tinggi.

Tes darah dilakukan untuk menentukan kadar trigliserida tubuh, dimana kadar trigliserida terbagi menjadi empat, yaitu:

Gejala Trigliserida

Ketika kadar trigliserida tinggi dalam tubuh, tidak ada gejala pasti yang muncul. Namun pada beberapa kasus, pengidap kondisi ini mengalami pankreatitis yang ditandai dengan gejala nyeri hebat yang terasa secara mendadak di bagian perut, demam, mual, muntah, dan nafsu makan berkurang.

Penyebab Trigliserida

Obesitas dan diabetes yang tidak dikendalikan menjadi penyebab utama terjadinya kadar trigliserida tinggi. Kadar trigliserida tinggi terjadi ketika seseorang banyak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat atau kadar gula yang tinggi.

Berikut ini adalah beberapa penyebab kadar trigliserida yang tinggi:

Kadar trigliserida tinggi juga bisa dipicu oleh beberapa obat-obatan. Kadar trigliserida yang tinggi biasanya berkaitan dengan kondisi medis lainnya. Kondisi ini jarang sekali muncul dengan sendirinya.

Kadar trigliserida tinggi merupakan bagian dari sindrom metabolik. Sindrom metabolik adalah kelompok masalah kesehatan yang terdiri dari kadar trigliserida tinggi, kadar kolesterol baik (HDL rendah), hipertensi, gula darah tinggi dan penumpukan lemak di sekitar pinggul.

Cara Mengobati Trigliserida

Kadar trigliserida dalam tubuh bisa diturunkan tanpa menggunakan obat-obatan khusus. Beberapa perubahan pada gaya hidup seseorang menjadi faktor penting dalam menurunkan kadar trigliserida yang tinggi, seperti:

Pencegahan Trigliserida

Untuk mencegah trigliserida tinggi, dapat dilakukan dengan cara menjaga pola makan agar berat badan tetap ideal dan mengurangi konsumsi gula.

Baca Juga Artikel Lainnya

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version