Cara Memijat Bayi yang Benar

thumbnail

Cara Memiijat Bayi yang Benar – Penting bagi ibu mengetahui bagaimana cara memijat bayi yang benar. Kekuatan sentuhan merupakan salah satu cara penting untuk bayi berkomunikasi dan berinteraksi dengan dunia.  sentuhan yang bermanfaat untuk menenangkan dan menguatkan bayi salah satunya melalui pijatan.

Pijat bayi atau dikenal dengan baby massage merupakan kegiatan memberi sentuhan dengan lembut membelai tubuh bayi dengan menggunakan minyak pijat atau lotion khusus untuk bayi.  Bagaimana cara memijat bayi yang benar? Sebelum memulai proses memijat bayi, ada baiknya mengatur lingkungan sekitar dan posisi bayi.

Persiapan sebelum pijat

  • Letakkan bayi ditempat tidur atau lantai dengan alas karpet lembut dan handuk. Handuk membantu menyerap minyak berlebih.
  • Pertahankan suhu ruangan yang nyaman untuk bayi. perhatikan pencahayaan ruangan, gunakan cahaya alami sebanyak mungkin.
  • Pilih minyak pijat yang khusus dibuat untuk bayi. pilih minyak tanpa aroma, dengan pewangi alami dan tanpa parfum tambahan.

Langkah memijat bayi

Step 1

Meminta izin bayi, dengan cara mengambil sedikit minyak di telapak tangan kemudian menggosoknya dengan lembut di perut bayi dan belakang telinganya, sambil mengamati bahasa tubuh bayi. jika bayi menunjukkan tanda-tanda positif dan tampak baik-baik saja maka anda dapat melanjutkan dengan pijatan.

Step 2

Mulailah dengan kaki. Oleskan beberapa tetes minyak pada telapak tangan dan mulailah memberi pijatan dari tungkai, yaitu pangkal paha hingga ke bawah. Area ini dianggap kurang sensitif sehingga bagus untuk memulai sebuah pijatan.

Tuang sedikit minyak ke telapak tangan, lalu gosok-gosok hingga terasa hangat di tangan Anda. Setelah itu mulai pijat lembut bagian paha ke arah bawah dan turun ke area betis.

Setelahnya Anda bisa mulai memijat punggung kakinya dengan gerakan memutar. Anda dapat memberi sedikit usapan saat memijat bagian pergelangan kaki sampai ke jari kaki. Kemudian beralihlah ke bagian telapak kakinya. Gunakan ibu jari Anda saat memijat area ini, lakukan gerakan memutar untuk memijat.

Terakhir, Anda bisa memijat jari-jemarinya. Ambil tiap jari memakai ibu jari dan jari telunjuk Anda, lalu tarik dengan lembut. Lakukan pada kesepuluh jarinya.

Step 3

Lengan. Usai memijat bagian tungkai, beralihlah ke bagian lengan. Mulai pijatan dari lengan bagian atas hingga ke pergelangan tangannya. Sesampainya di pergelangan tangan, putar lembut bagian ini beberapa kali.

Lalu pijat telapak tangannya memakai ibu jari Anda. Akhiri sesi ini dengan memijat lembut jari-jemarinya.

Step 4

Dada. Letakkan kedua tangan Anda di atas dada si Kecil. Lalu pijat lembut ke arah luar dengan menekan lembut dadanya menggunakan telapak tangan Anda. Ulangi gerakan ini beberapa kali. Kemudian, letakkan satu tangan Anda di bagian atas dadanya, lalu pijat lembut ke arah paha.

Step 5

Punggung. Posisikan Si Kecil dalam keadaan tengkurap, kemudian pijat area tulang belakang, dari leher hingga bokong, memakai ujung jari Anda. Akhiri pijat bayi ini dengan pijatan panjang dari bahu hingga kakinya.

Setelah selesai, Anda bisa memakaikan popok dan baju, serta memeluknya. Anda juga bisa melanjutkan dengan memberinya makan. Usai dipijat, si Kecil mungkin akan terlelap dengan cepat.

Agar si Kecil menikmati kegiatan pijat bayi ini dengan maksimal, perhatikan segala isyarat yang dikeluarkan olehnya. Isyarat ini bisa menjadi sinyal apakah dia suka dengan pijatan atau tidak. Segera hentikan pijatan jika si Kecil mulai menangis karena itu pertanda bahwa dia sudah merasa cukup dengan pijatan Anda.

Kini ibu sudah paham bagaimana cara memijat bayi yang benar. Pijat bayi memang dapat dilakukan sendiri oleh ibu dirumah, namun ada baiknya jika meminta bantuan tenaga professional seperti terapis dari MHomecare agar hasilnya maksimal. Karena terapi di MHomecare 100% dilakukan oleh Midwife Profesional dan Berlisensi, sehingga sangat mengerti mengenai tumbuh kembang bayi atau anak.

Ibu tidak perlu khawatir mencari klinik untuk pijat bayi karena melalui aplikasi Mhomecare yang dapat di download di play store (Klik disini) atau bisa juga melalui web mhomecare.co.id Ibu bisa langsung memesan dan memilih paket perawatan untuk si kecil.

Pelayanan terbaik akan diberikan melalui terapis professional yang menjadi mitra MHomecare. MHomecare juga terus berkomitmen untuk mengembangkan pelayanan agar masyarakat Indonesia dapat merasakan perawatan berkualitas

Pesan Perawat & Bidan Online

Dapatkan layanan kesehatan oleh perawat, midwife, caregiver yang profesional, berlisensi dan berpengalaman dengan jiwa pelayanan terbaik serta selalu sedia merawat orang terkasih Anda layaknya keluarga sendiri.

Bagikan Artikel ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *