Saffron, Rempah Rempah Mahal yang Banyak Khasiatnya

thumbnail

Saffron adalah salah satu rempah yang memiliki harga yang sangat mahal, dan dipercaya mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan.

Saffron merupakan rempah berbentuk benang halus dan tipis berwarna merah yang berasal dari bunga Crocus sativus (bunga pacar). Bunga ini adalah salah satu rempah termahal di dunia karena cara penanaman dan pemanenannya yang rumit, serta membutuhkan teknik khusus.

Khasiat Saffron Bagi Kesehatan

  1. Meningkatkan mood dan mengobati gejala depresi.

Rempah ini dipercaya dapat membantu mencerahkan suasana hati yang sedang gelisah dan galau. Dalam sebuah studi ditemukan bahwa mengonsumsi 30mg setiap hari sama efektifnya dengan pengobatan konvensional untuk depresi.

  1. Kandungan antioksidan yang tinggi

Saffron ini mengandung beragam senyawa tanaman yang bertindak sebagai antioksidan, yaitu molekul yang melindungi sel tubuh dari radikal bebas dan stres oksidatif.

Antioksidan safron yang terkenal meliputi crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol. Senyawa tersebut bermanfaat untuk melindungi sel-sel otak terhadap kerusakan progresif, mengurangi peradangan, sifat anti kanker, dan aktivitas antidepresan.

  1. Mengurangi gejala PMS

Sebuah penelitian menemukan bahwa bahwa mengonsumsi 30mg Saffron  dan menghirup baunya selama 20 menit dapat membantu mengurangi gejala PMS, seperti kecemasan dan menurunkan kadar hormon stres kortisol.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Menurut sebuah penelitian rempah ini dapat membantu mengurangi nafsu makan. Alhasil, lingkar pinggang dan massa lemak total bisa berkurang secara signifikan.

Jadi, wajar saja jika mengonsumsinya akan merasakan efek kenyang yang relatif lama dan membuat makan menjadi lebih sedikit dari biasanya.

  1. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya dipercaya dapat membantu menetralisir radikal bebas berbahaya penyebab kanker.

Hal itu dibuktikan dalam penelitian menggunakan tabung reaksi. Rempah ini telah terbukti mampu untuk membunuh sel-sel kanker usus besar secara selektif atau menekan pertumbuhannya, sementara sel-sel normal dibiarkan tidak terluka.

Harga jual putik sari bunga Crocus Sativus bisa mencapai ratusan juta rupiah per kg. Menurut Foodbeast, berkisar antara US$ 2.000 hingga US$ 10.000 atau sekitar Rp 54 juta – 270 juta per kilogram.

Harga jual yang sangat mahal ini disebabkan oleh proses pengolahannya yang memakan waktu dan energi yang banyak. Dibutuhkan memperkerjakan banyak orang untuk memanen 1,8 kg saffron per hektar.

Selain itu, untuk mendapatkan 0,5 kg saffron membutuhkan 170 ribu bunga crocus sativus, dan untuk mengambil sari bunga crocus sativus tersebut dilakukan dengan pinset. Bunga crocus sativus ini hanya berbunga setiap enam minggu sekali dari akhir September hingg awal Desember.

Berdasarkan dari beberapa penelitian, mengonsumsi saffron sebanyak 30 mg per hari sudah cukup untuk memberikan khasiat bagi kesehatan. Saffron mempunyai 2 cara untuk dikonsumsi yaitu dengan diseduh dan diminum dalam bentuk kapsul. Disarankan untuk membeli produknya yang sudah memiliki izin dari BPOM.

Pesan Perawat & Bidan Online

Dapatkan layanan kesehatan oleh perawat, midwife, caregiver yang profesional, berlisensi dan berpengalaman dengan jiwa pelayanan terbaik serta selalu sedia merawat orang terkasih Anda layaknya keluarga sendiri.

Bagikan Artikel ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *