10 Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan, Nomor 6 Luar Biasa

Daun Pandan Untuk Kesehatan

Daun Pandan Untuk Kesehatan (Img: indoindians.com)

Daun pandan memang harum dan membuat rasa makanan jadi lebih enak. Daun pandan dapat dioleh dengan cara direbus, rebusan air pandan inilah yang mempunyai manfaat luar biasa untuk kesehatan.

Daun pandan yang sering kita temui tumbuh di pekarangan rumah, ternyata dapat dijadikan tanaman herbal yang berguna bagi berbagai terapi pengobatan.

Daun pandan merupakan tanaman yang tumbuh di daerah tropis dan dikenal karena bentuk dan aroma harumnya.

Daun pandan memiliki perpaduan aroma vanila dan almon, sehingga cukup banyak orang menggunakan daun ini untuk pelengkap masakan.

Kandungan Gizi Daun Pandan

Daun pandan dipercaya dapat menjadi obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit karena mengandung sejumlah zat, yaitu:

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat daun pandan yang baik untuk kesehatan tubuh:

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Air rebusan daun pandan bisa menjadi alternatif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Rebus daun pandan dalam air hingga mendidih dan air rebusannya hanya tersisa satu gelas.

Konsumsi air rebusan daun pandan dua kali sehari untuk membantu menstabilkan tekanan darah Anda.

2. Mengatasi Rematik

Rematik merupakan salah satu keluhan umum yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun ternyata, daun pandan bisa membantu mengatasi rematik atau radang persendian.

Potong beberapa lembar daun pandan lalu masukkan ke dalam rebusan minyak kelapa. Setelah mendidih, angkat dan dinginkan sejenak.

Oleskan pada bagian sendi yang terasa sakit untuk membantu mengatasi rematik.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Salah satu manfaat daun pandan yang jarang diketahui adalah daun ini bisa meningkatkan nafsu makan.

Rebus 10 gr daun pandan dengan tiga hingga empat gelas air. Rebus hingga mendidih dan hingga air tersisa satu cangkir. Minumlah di pagi dan sore hari untuk menigkatkan nafsu makan dan menjaga kebugaran tubuh Anda.

4. Mengatasi Rasa Nyeri

Manfaat daun pandan selanjutnya yang tidak kalah penting adalah membantu mengatasi rasa nyeri.

Daun pandan mampu mengatasi nyeri yang mungkin terjadi ketika Anda menderita beberapa penyakit seperti sakit kepala, sakit telinga, atau radang sendi.

5. Mengurangi Kram

Kram bisa terjadi kapan saja tanpa disangka-sangka. Daun pandan bisa membantu meredakan kram yang terjadi, khususnya untuk kram yang terjadi di bagian perut dan pencernaan.

Konsumsi air rebusan daun pandan atau teh daun pandan untuk mendapatkan khasiatnya.

6. Mengatasi Diabetes

Jika menderita diabetes, Anda dapat mencoba menggunakan daun pandan sebagai pengganti gula dalam makanan sehari-hari Anda. Daun pandan dipercaya dapat membuat masakan terasa lebih segar dan gurih.

Untuk mengatasi diabetes, Minum air rebusan daun pandan secara rutin. Dengan rutin minum air daun pandan akan membantu tubuh meningkatkan produksi insulin.

7. Menghilangkan Ketombe

Banyak penyebab ketombe muncul, beberapa penyebabnya adalah akibat kulit kepala berminyak, stres, produk sampo yang tidak sesuai. Jika Anda memiliki masalah ketombe, mungkin anda bisa mencoba mengatasiya dengan daun pandan.

Haluskan beberapa lembar daun pandan yang sudah dikeringkan dan campur dengan air hingga. Setelah itu, oleskan pada bagian kepala.

8. Menghambat Perkembangan Kanker

Daun pandan ternyata juga bisa membantu orang yang sedang dalam terapi kanker. Ini dikarenakan kandungan ekstrak daun pandan yang memiliki efek anti-kanker.

Mengonsumsi olahan daun pandan yang dijadikan teh rutin sebanyak dua kali sehari dipercaya mampu menangkal berbagai racun dan menghambat perkembangan kanker dalam tubuh.

9. Mengatasi Insomnia

Daun pandan dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks atau santai. Hal ini dikarenakan daun pandan memiliki senyawa alkaloid.

Minumlah air rebusan daun pandan sebanyak dua hingga tiga kali sehari. Rutin minum daun pandan akan membuat tubuh rileks dan membantu mengatasi insomnia.

10. Mengatasi Impotensi

Daun pandan juga dipercaya berkhasiat untuk mengatasi masalah pada pria seperti lemah syahwat atau impotensi.

Minumlah air rebusan daun pandan sebanyak dua hingga tiga kali sehari, terapkan pola hidup sehat dan hindari kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi vitalitas, seperti malas berolahraga, kurang tidur, dan sering merokok.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini


Referensi:

Exit mobile version