Orang-orang yang bekerja di rumah terkadang lebih ceroboh. Hal ini dikarenakan tidak adanya pengawasan dari atasan. Lingkungan kerja juga tidak formal. Berikut ini tips bekerja di rumah agar tetap fokus dan efektif.
Bekerja dari rumah selama pandemi corona menjadi tantangan besar bagi banyak karyawan. Dengan jutaan pekerja yang bekerja dari jarak jauh untuk pertama kalinya, banyak yang berjuang untuk fokus bekerja meski ada gangguan, seperti mengasuh anak, mengurus rumah, dan teralihkan karena televisi.
Saat bekerja di luar rumah, Anda lebih mudah untuk mengikuti rutinitas yang meliputi bangun tidur, meninggalkan rumah, dan tiba untuk bekerja pada waktu tertentu. Hal-hal itu bisa membuat Anda tetap fokus dan semangat untuk bekerja.
Untuk itu, Anda juga bisa melakukan rutinitas tersebut meski sedang bekerja di rumah. Morgenstern mengatakan, waktu yang biasanya Anda gunakan untuk pergi bekerja setiap hari sekarang dapat digunakan untuk berolahraga, jurnal, bermeditasi, atau mendengarkan musik.
Jika Anda tidak memiliki waktu 1 jam untuk melakukan rutinitas pagi tersebut, maka Anda bisa meluangkan waktu 15-20 menit. Penelitian menunjukkan bahwa meluangkan waktu untuk perawatan diri adalah kunci untuk mengelola stres dengan lebih baik.
Berikut ini merupakan tips bekerja di rumah agar tetap fokus dan efektif :
- Menentukan jadwal kerja
Work schedule atau jadwal kerja menjadi hal yang sangat penting. Tujuannya tak lain agar pekerjaan lebih teratur. Adanya jadwal kerja membuat Anda tahu apa yang harus dikerjakan hari ini. Sehingga tidak keteteran atau bahkan terlalu bersantai ria.
- Manfaatkan teknologi yang ada
kecanggihan teknologi dapat membuat yang jauh terasa dekat. Untuk itu, gunakanlah platform panggilan video atau video call bila ingin mengadakan suatu diskusi dengan rekan kerja lainnya.
- Memotivasi diri sendiri
Meskipun bekerja di rumah, rasa lelah tak dapat dihindari. Beban pikiran, beban kerja, dan beban keluarga dapat membuat stres. Alhasil, Anda menjadi malas untuk bekerja. Mungkin lebih baik tidur seharian ketimbang bekerja mengurusi tumpukan kertas di meja kerja.
- Tidur yang cukup
Langkah terakhir ialah tidur yang cukup. Kerja lembur memang tak bisa dihindarkan, namun bukan berarti tidak bisa tidur dengan cukup. Untuk mencegah rasa kantuk, Anda bisa tidur lebih cepat. Sehabis pulang lembur, mandi, dan langsung bentangkan diri di tempat tidur.
- Memisahkan diri dari gangguan atau orang di sekitarmu saat bekerja
Distraksi adalah penghalang produktivitas terbesar saat bekerja di luar kantor. Jadi, sebisa mungkin untuk menghindarkan diri sendiri dari berbagai gangguan yang ada.
Mulai dari smartphone, media sosial, hingga anggota keluarga. Para spesialis karier berpendapat, penting untuk mengingatkan keluarga kalau kamu berada di rumah bukan berarti memiliki banyak waktu luang untuk mengobrol santai.
Jika merasa kehilangan konsentrasi, cari tahu hal yang mengganggumu dan temukan solusi terbaik sehingga kamu dapat bekerja kembali.
Dengan begitu, kamu dapat memaksimalkan waktu kerja seperti saat berada di kantor dan dapat mematikan laptop tepat sesuai jam pulang kerja biasanya.