5 Tips Cara Menurunkan Berat Badan yang Mudah

Cara menurunkan berat badan secara cepat

5 Tips Cara Menurunkan Berat Badan yang Mudah. (Img: Rex Features)

Mempunyai badan yang bagus menjadi keinginan banyak orang, terutama wanita. Berbagai cara dilakukan untuk menurunkan berat badan. Jangan khawatir ada tips cara menurunkan berat badan dengan mudah.

Diet sendiri berarti menjaga asupan makanan dengan menu-menu tertentu untuk kesehatan. Anda tidak perlu menerapkan diet yang terlalu ketat atau berlebihan, karena nyatanya cara seperti itu tidak efektif.

5 Cara Menurunkan Berat Badan

Ada beberapa cara mudah menurunkan berat badan yang tidak menyiksa, namun justru lebih efektif.

Yang jelas, Anda butuh komitmen dan disiplin dalam menjalani nya.

Berikut beberapa cara menurunkan berat badan yang bisa kamu terapkan:

1. Jangan lupa sarapan

Sarapan adalah bagian penting dari penurunan berat badan. Dengan sarapan rutin, keinginan untuk mengonsumsi makanan atau camilan yang tidak sehat jadi berkurang.

Membiasakan diri sarapan juga akan membuat rasa lapar di siang hari berkurang. Efeknya, keinginan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan pada jam makan siang akan turut berkurang.

2. Banyak Minum Air Putih

Sebagian dari tubuh kita mengandung air. Oleh sebab itu konsumsi air sangat dibutuhkan. Cara menurunkan berat badan ini juga terbilang mudah dan bisa kamu praktikkan di mana saja.

3. Konsumsi makanan yang tepat

Kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan, disarankan untuk mengonsumsi makanan berprotein dan berserat.

Makanan berprotein bisa membantu tubuh membakar lemak dan menjadi sumber energi. Pilih sumber protein yang sehat untuk tubuh, seperti putih telur, yoghurt, daging tanpa lemak, makanan laut, kedelai, kacang-kacangan atau keju.

Selain makanan yang tinggi protein, perbanyak pula konsumsi makanan berserat.

Makanan berserat dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama, namun rendah kandungan kalori. Makanan berserat yang bisa kamu konsumsi di antaranya adalah sayur, buah, makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan gandum.

4. Tidur yang cukup

Selain menjaga pola makan, pastikan waktu tidurmu tercukupi dengan baik. Sebab, saat kamu kurang tidur, produksi hormon ghrelin yang merangsang nafsu makan dapat meningkat.

Efeknya, kamu akan mengonsumsi makanan berkalori tinggi dalam jumlah banyak. Tentunya hal ini akan membuat diet penurunan berat badanmu jadi berantakan.

5. Rutin berolahraga

Olahraga pasti selalu dikaitkan dengan penurunan berat badan.

Olahraga yang dilakukan secara rutin akan membantu membakar kelebihan kalori yang tidak bisa dipangkas hanya dengan menjalani diet.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version