5 Cara Ampuh Meredakan Sakit Gigi

Cara Meredakan Sakit Gigi

Ketika sakit gigi meradang, penting untuk kita mencari tahu apa penyebab dari hal tersebut. Dengan begitu, anda akan mudah menemukan cara yang tepat dan terbaik untuk meredakan sakit gigi, bengkak atau gejala lainnya.

Salah satu cara yang sering digunakan ialah dengan menggunakan air garam secara teratur dan kompres dingin biasanya dapat menyembuhkan iritasi ringan. Namun,  sakit gigi yang lebih serius mungkin memerlukan intervensi dokter gigi.

Jika gejala yang dirasakan bertahan lebih dari satu atau dua hari, kunjungi dokter gigi. Dokter akan memberikan saran terbaik  tentang bagaimana meringankan gejala dan mencegah rasa sakit kedepannya.

Ketika anda berkonsultasi ke dokter, beritahu dokter jika anda sedang menyusui, hamil atau memiliki kondisi medis yang dapat dipengaruhi oleh bahan-bahan herbal.

Namun jika itu gejala ringan sementara gunakan pengobatan rumahan  untuk mendapatkan pertolongan jangka pendek.

5 Cara Meredakan Sakit Gigi

Berikut beberapa cara yang efektif dalam meredakan sakit gigi, yaitu:

1. Bilas dengan Hidrogen Peroksida

Bilas hidrogen peroksida juga dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan peradangan. Selain membunuh bakteri, hidrogen peroksida dapat mengurangi plak dan menyembuhkan pendarahan gusi.

Pastikan Anda mencairkan hidrogen peroksida dengan benar. Untuk melakukan ini, campurkan 3 persen hidrogen peroksida dengan bagian air yang sama dan gunakan sebagai obat kumur. Jangan menelannya.

2. Menggunakan Air Garam

Bagi banyak orang, menggunakan air garam adalah pengobatan lini pertama yang efektif.

Air garam adalah desinfektan alami, dan dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi. Mengobati sakit gigi dengan air garam  juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut.

Untuk menggunakan pendekatan ini, campurkan 1/2 sendok teh (sdt) garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.

3. Bawang Putih

Cara meredakan sakit gigi selanjutnya adalah menggunakan bawang puith.

Selama ribuan tahun, bawang putih telah dikenal dan digunakan untuk khasiat obatnya. Tidak hanya itu dapat membunuh bakteri berbahaya didaerah mulut dan gigi.

Untuk menggunakan ini, hancurkan bawang putih dan oleskan ke daerah gigi yang sakit. Anda mungkin ingin menambahkan sedikit garam. Atau, Anda bisa perlahan mengunyah satu siung bawang putih segar.

4. Ekstrak Vanila

Ekstrak vanila mengandung alkohol, yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Khasiat Sumber antioksidan yang telah terbukti juga menjadikannya sebagai penyembuh yang efektif.

Untuk menggunakan ini, oleskan sedikit ekstrak vanilla ke jari Anda atau kapas. Terapkan langsung ke daerah gigi yang sakit beberapa kali sehari

5. Minyak Cengkeh

Obat alami ini mematikan rasa sakit. Gosok langsung pada area yang sakit, atau rendam kapas dan oleskan pada gigi dan gusi. Ini mungkin sama efektifnya dengan benzocaine, bahan mati rasa dalam gel sakit gigi yang dijual bebas.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STRPerawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini


Referensi:

Exit mobile version