Daging Olahan Penyebab Kanker Usus Besar, Ketahui Gejalanya

penyebab kanker usus besar

Penyebab Kanker usus besar – mulai menyerang generasi millenials yang berusia 20-29 tahun. Biasanya dengan gejala diare dan penurunan berat badan yang tidak jelas, hanya dianggap memlliki gangguan pencernaan biasa.

Kanker usus besar (kolon) atau bagian paling bawah usus yang tumbuh pada usus besar biasanya disebut dengan kanker kolorektal, penyakit ini merupakan tumbuhnya tumor ganas yang tumbuh di usus besar. Usus besar bertanggung jawab untuk pencernaan dan penyerapan nutrisi yang efektif.

Biasanya kanker usus besar diawali dengan pertumbuhan benjolan kecil (polip) pada bagian dalam usus besar atau rektum. Sebagian besar polip biasanya tidak berkembang menjadi kanker, hanya jenis tertentu saja yang dapat menjadi kanker, yaitu adenomatous polyp, hyperplastic polyp, dan inflammatory polyp.

Kebanyakan kanker usus besar ini bermula dari polip usus atau jaringan yang tumbuh di dinding kolon atau rektum .Polip usus terbagi menjadi 2 jenis yaitu polip adenoma dan polip hiperplestik. Kemungkinan polip berubah menjadi kanker tergantung kepada jenis polip tersebut.

Kanker usus besar biasanya terjadi pada orang yang berusia diatas 50 tahun, gejala pada umumnya terjadi pendarahan pada dubur. Pendarahan ini bisa jadi sulit dibedakan dengan perdarahan akibat wasir. Penderita akan terlihat pucat dan mudah lelah dan mengalami penurunan berat badan.

Hingga saat ini , kasus kanker usus besar belum diketahui dengan jelas. Ada beberapa hal yang diduga dapat meningkatkan resiko seseorang menderita kanker usus besar, sepeti tidak suka makan serat, jarang berolah raga dan merokok.

Penyebab Kanker Usus Besar

  1. Pola makan yang kurang sehat
  2. Terlalu banyak mengkonsumsi daging olahan dan lemak.
  3. Merokok
  4. Mengonsumsi minuman beralkohol
  5. Jarang berolahraga
  6. Pernah menjalani radioterapi dibagian perut.
  7. Menderita kelainan genetik yang disebut familial adenomatous polyposis (FAP) atau sindrom lynch
  8. Menderita penyakit radang usus.
  9. Menderita diabetes.

Pada salah satu penyebab kanker kolorektal yaitu, mengonsumsi daging olahan berlebihan. Mengapa daging olahan menjadi pemicu terserang kanker? Karena pada proses pengolahannya.

Menurut WHO daging olahan didefinisikan sebagai “ daging yang sudah mengalami perubahan lewat penggaraman, fermentasi, pengasapan, atau pengawetan”, proses tersebut biasanya ditambhakan zat-zat kimia yang memicu terserang kanker.

Kanker usus besar dapat dideteksi sejak dini melaluii skrinning. Setiap orang yang berusis diatas 50 tahun disarankan untuk menjalani skrinning rutin sesuai petunjuk dokter. Gejala pada penyakit kanker usus besar hampir tidak terlihat pada stadium awal

Gejala Kanker Kolekteral

  1. Diare
  2. Darah pada tinja
  3. Mual
  4. Muntah
  5. Perut terasa kembung dan keram.
  6. Tubuh mudah lelah

Segeralah periksa diri ke dokter bila muncul gejala seperti yang disebutkan sebelumnya.  Awalnya gejala kanker kolorektar tidak terasa, maka dari itu untuk berjaga-jaga terhindar dari kanker kolorektal, lakukanlah pemeriksaan secara rutin.

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version