Jerawat di Telinga, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

jerawat di telinga

Kehadiran jerawat di telinga dapat sangat menggangu dan terasa lebih menyakitkan. Biasanya, jerawat di telinga muncul di bagian daun telinga dan lubang telinga luar.

Jerawat di telinga dapat terjadi karena adanya penumpukan sel kulit mati atau bakteri yang menyumbat pori-pori kulit di telinga. Penyumbatan tersebut dapat bertambah buruk sehingga muncul jerawat yang berisi nanah.

Penyebab Jerawat di Kuping

Berikut beberapa penyebab munculnya jerawat di telinga:

1. Menggunakan headset yang kotor

Menggunakan headset dapat memicu munculnya jerawat di kuping karena kepala headset yang jarang dibersihkan. Hal itu dapat mengakibatkan bakteri yang menumpuk, kemudian menempel di pori telinga. Bakteri tersebut bisa menyumbat pori dan mengakibatkan peradangan yang berujung timbulnya jerawat.

2. Memasukkan benda kotor ke telinga

Ketika telinga terasa gatal, Anda pasti sering memasukkan benda asing ke telinga termasuk jari tangan Anda. Sayangnya, tidak semua benda tersebut bersih sehingga ada kemungkinan bakteri dapat masuk ke dalam telinga.

3. Kurang menjaga kebersihan rambut

Salah satu penyebab timbulnya jerawat di kuping bisa terjadi adalah apabila Anda jarang menjaga kebersihan rambut, karena debu yang menempel di rambut kita setelah beraktivitas jika tidak dibersihkan maka akan menyebabkan bakteri.

4. Helm yang kotor

Selain penggunaan headset, penggunaan helm yang kotor juga akan membuat kelembaban di sekitar telinga meningkat. Kondisi inilah yang sangat disukai oleh bakteri sehingga pertumbuhannya bisa lebih cepat. Karena itu, bakteri akhirnya masuk ke pori-pori dan menimbulkan jerawat.

5. Perubahan hormon

Perubahan hormon akibat masa puber atau saat hamil bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Dalam fase tersebut, jerawat bisa timbul kapan saja dan dimana saja termasuk di kuping.

Cara Mengatasi Jerawat di Telinga

Selain dengan obat-obatan, cara mengatasi jerawat di telinga juga bisa dilakukan sendiri di rumah dengan cara berikut:

  1. Siapkan air hangat dan kain bersih untuk mengompres telinga. Air hangat mampu membuka pori-pori sehingga penyumbatan minyak lebih mudah untuk keluar.
  2. Jika cairan jerawat sudah mulai keluar, keluarkan dengan cepat dan hati-hati.
  3. Pastikan cairan tidak menyebar ke area kulit lainnya dengan cara di keringkan dengan cotton bud.
  4. Basuh telinga dan tangan Anda dengan air bersih.
  5. Jika cairan belum muncul, hindari memecahkan jerawat karena dapat menyebakan telinga menjadi iritasi.

Jika jerawat tak kunjung hilang atau menimbulkan nyeri yang berlebih, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Atau cari artikel terkait menarik lainnya di kolom pencarian di bawah

[wpdreams_ajaxsearchlite]

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version