Macam dan Jenis Alat Bantu Pendengaran

macam alat bantu pendengaran

Alat bantu pendengaran, bukan hanya untuk meringankan kesulitan dalam berkomunikasi tetapi untuk mencegahya menjadi gangguan mental dan kesehatan yang lebih serius. Berikut macam macam alat bantu pendengaran.

Telinga adalah salah satu indera yang sangat penting bagi manusia. Menjaga indera pendengaran agar tetap sehat sampai usia tua menjadi hal yang sangat penting. Namun, kenyataanya dalam keseharian ada beberapa faktor yang tanpa kita sadari akan menurunkan fungsi indera pendengaran ini.

Faktor yang menyebabkan penurunan fungsi indera pendengaran antara lain, faktor lingkungan, tempat kerja yang sangat bising, pengaruh obat dan penyakit tertentu, hingga penggunaan headphone dengan intensitas tinggi.

Gangguan pendengaran menurunkan kualitas dari berbagai aspek kehidupan dan kesehatan. Alat bantu dengar akan memperbaiki situasi ini secara signifikan dengan memperkuat , memodifikasi, memfokuskan, dan menjernihkan semua suara yang anda dengar.

Alat ini akan membantu Anda untuk mendengar suara lebih nyaring dan jelas tanpa kesulitan sehingga otak mendapatkan rangsangan yang dibutuhkan untuk dapat berfungsi normal.

Alat bantu dengar digital yang dilengkapi baterai pada masa kini sudah jauh lebih modern dan tidak akan membuat penggunanya tampak lebih tua. Pada alat ini terdapat mikrofon kecil yang yang mengumpulkan suara disekitarnya, untuk kemudian diubah oleh sebuah chip computer dengan pengeras suara yang mengubah bunyi menjadi kode digital.

Macam Alat Bantu Pendengaran

Macam Alat Bantu Pendengaran (trendhunter.com)

Di bawah ini adalah beberapa macam alat bantu dengar yang umumnya dijual di pasaran, yaitu:

1. Alat di dalam telinga ( in the air/ITE)

ITE sesuai untuk gangguan pendengaran tingkat ringan hingga berat.

2. Alat di belakang telinga ( behind the ear/ BTE)

BTE dipakai dengan cara dikaitkan pada bagan atas cuping telinga dan bagian belkaang telinga.

3. Speaker/receiver di alam telinga atau liang telinga ( receiver in canal /RIC dan Receiver in the ear/RITE)

Jenis ini bentuknya hampir sama dengan BTE. Bedanya, BTE menggunakan tabung kecil sedangkan alat jenis ini menggunakan kabel kecil.

4. Alat di dalam lliang telinga ( in the canal/ITC)

jenis ini sesuai untuk  gangguan pendengaran tingkat ringan sampai sedang pada orang dewasa.

5. Alat sepenuhnya di dalam liang telinga ( completely in the canal / CIC)

CIC dibentuk agar dapat dimasukkan ke liang telinga. Penggunaanya adalah untuk gangguan pendengaran tingakat ringan hingga menengah pada orang dewasa.

6. Implan Koklea

Berbeda dengan alat bantu dengar yang bisa menguatkan suara, implan koklea, merupakan sebuah tindakan medis yang dilakukan dengan cara mengganti fungsi telinga dalam yang rusak, dengan kinerja dari alat elektronik kecil yang bekerja merangsang saraf pendengaran.

Umumnya, alat bantu dengar didapatkan di layanan professional untuk kesehatan telinga seperti audiologis atau toko alat kesehatan. Pastikan alat anda memiliki lisensi.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STRPerawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini


Referensi:

Exit mobile version