10 Manfaat Biji Alpukat dan Cara Mengolahnya

Manfaat Biji Alpukat dan Cara Mengolahnya

Manfaat Biji Alpukat dan Cara Mengolahnya

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang sangat populer di Indonesia karena selain mempunyai rasa yang khas, alpukat juga mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan.

Mengonsumsi buah alpukat dapat dengan cara dimakan langsung, ditambahkan ke salad, dijadikan selai roti panggang, dicampurkan ke sup buah atau dibuat minuman jus alpukat.

Biasanya orang akan membuang biji alpukat karena dianggap tidak berguna. Namun ternyata biji buah alpukat memiliki banyak manfaat yang tidak kalah banyak dengan buahnya jika diolah dengan benar.

Kandungan Biji Alpukat

Beberapa penelitian menyimpulkan biji alpukat mengandung:

Kandungan lain mungkin masih ada dan perlu untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

10 Manfaat Biji Alpukat bagi Kesehatan

Berikut 10 manfaat biji alpukat yang berpotensi memberikan manfaat untuk kesehatan:

1. Mencegah Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Manfaat biji alpukat yang pertama adalah dapat mengontrol tekanan darah tinggi tetap normal dan menjaga kelenturan pembuluh arteri karena kandungan kalium didalamnya.

Rutin mengonsumsi ekstrak biji alpukat dapat membantu Anda mencegah penyakit tekanan darah tinggi.

2. Mengatasi Penyakit Maag

Maag adalah salah satu penyakit paling umum yang diderita banyak orang. Maag dapat menimbulkan rasa sakit di ulu hati, lemas hingga muntah bagi penderitanya. Salah satu manfaat biji alpukat adalah bisa digunakan sebagai obat maag alami.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Tidak ada orang yang ingin jatuh sakit. Cara terbaik untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan.

Salah satu makanan yang dapat dicoba adalah biji alpukat, tingginya kandungan antioksidan dalam biji alpukat dapat memperkuat sistem imun dan menjaga daya tahan tubuh.

4. Mencegah Kanker

Manfaat biji alpukat selanjutnya adalah dapat mencegah kanker. Biji alpukat mengandung flavonoid, yaitu zat yang mampu mencegah pertumuhan kanker. Rutin mengonsumsi ekstrak biji alpukat dapat membantu tubuh terhindar dari kanker.

5. Mengatasi Radang

Siapa sangka, ternyata biji alpukat dapat berfungsi untuk mengatasi radang. Hal ini karena biji alpukat mempunyai sifat antiinflamasi yang berguna dalam mengatasi radang.

6. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu manfaat biji alpukat adalah sebagai antioksidan. Hal ini juga berfungsi sebagai pencegah penuaan dini. Rutin mengonsumsi ekstrak biji alpukat mampu membuat Anda tampak awet muda.

7. Megobati Sembelit

Biji alpukat mengandung serat yang tinggi. Karena itu rutin mengonsumsi biji alpukat dapat membantu dalam mengatasi gangguan susah buang air besar atau sembelit.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi pada biji alpukat bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Hal ini membuat biji alpukat bermanfaat dalam membantu menurunkan berat badan atau membantu program diet Anda.

9. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Biji alpukat dapat membantu menrunkan kadar kolesterol yang tinggi. Hal ini karena biji alpukat kaya akan antioksidan dan nourishing oil yang mampu menurunkan kadar kolesterol.

10. Mencegah Diabetes

Manfaat biji alpukat selanjutnya yaitu dapat mencegah diabetes. Biji alpukat dapat mengurangi kadar gula dalam darah dan sama efektifnya dengan obat anti-diabetes.

Cara Mengolah Biji Alpukat

Cara Mengolah Biji Alpukat (Img: onegreenplanet.org)

Biji alpukat sangatlah keras dan tidak mungkin untuk langsung dikonsumsi. Cara mengolanya adalah sebagai berikut:

Perlu diperhatikan bahwa bubuk biji alpukat ini rasanya sangat pahit, jadi Anda harus menyeimbangkan rasa makanan atau minuman yang akan ditambahkan bubuk biji alpukat.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STRPerawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini


Referensi:
https://www.healthline.com/nutrition/eating-avocado-seed
https://surfguardcr.com/health/foods/10-benefits-of-avocado-seeds
Exit mobile version