5 Manfaat Buah Tin atau Buah Ara untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Tin

Buah tin atau Ficus carica adalah buah yang cukup unik baik dari bentuk maupun teksturnya. Pasalnya, buah ini mempunyai bentuk menyerupai tetesan air dan berwarna ungu gelap.

Sementara dagingnya berwarna merah disertai dengan ratusan biji kecil berwarna putih. Ketika makan, buah tin akan terasa manis dan renyah.

Dibalik semua itu, buah tin mempunyai khasiat luar biasa untuk kesehatan. Hal ini berkat beragam kandungan nutrisi yang ada pada buah tin.

Kandungan Buah Tin atau Buah Ara

Ukuran buah tin rata-rata hanya sebesar ibu jari, meski relatif kecil buah ini cukup kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti:

Kendati buah tin mengandung kalori, namun dalam kondisi segar kadarnya relatif kecil bahkan tidak lebih dari 50 kalori.

Tentu saja kadar kalori tersebut cukup aman dan baik dikonsumsi untuk siapa saja khususnya bagi mereka yang sedang menjalani program diet maupun bagi mereka dengan kondisi medis tertentu.

5 Manfaat Buah Tin atau Buah Ara untuk Kesehatan

Baca juga: Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Buah Naga, Alami dan Cepat

5 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan dan Kecantikan

Secara umum, buah tin segar mengadung berbagai nutrisi dan mineral dengan kadar kalori rendah yang bermanfaat untuk kesehatan. Berikut 5 manfaat buah tin untuk kesehatan:

1. Membantu Menyehatkan Pencernaan

Jika ditilik jauh ke belakang, ternyata buah tin atau buah ara ini telah dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah pencernaan termasuk sembelit atau susah buang air besar (BAB).

Kandungan serat pada buah tin berfungsi untuk melembutkan makanan ketika dicerna sehingga mencegah risiko sembelit.

Selain itu, serat juga dapat berfungsi sebagai prebiotik yang menjadi sumber makanan untuk bakteri baik di dalam usus.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Penelitian terhadap ekstrak buah tin yang diberikan kepada tikus menunjukkan penurunan tekanan darah hingga membutnya menjadi lebih stabil atau normal.

Ketika pembuluh darah menjadi normal maka risiko penyakit jantung pun akan jauh lebih rendah.

3. Membantu Mengendalikan Kadar Gula Darah

Tidak hanya buah tin saja yang mempunyai khasiat, daun buah tin juga bermanfaat untuk kesehatan yakni membantu mengendalikan kadar gula darah.

Penelitian tahun 1998 pada 10 orang penderita diabetes tipe 1 yang diberikan teh daun tin secara rutin setiap sarapan menunjukkan kebutuhan insulin jauh lebih rendah.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Tidak hanya diabetes, daun buah tin juga bermanfaat sebagai antikanker yang cukup potensial.

Beberapa jenis kanker seperti kanker usus, kanker payudara, kanker hati, dan kanker servik dapat dibendung dengan rutin mengonsumsi ekstrak daun tin.

Kendati demikian, penelitian buah tin atau daun buah tin sebagai antikanker masih sangat terbatas dan harus diteliti lebih jauh lagi khususnya terhadap manusia.

5. Menyehatkan Kulit

Manfaat buah tin tidak tidak hanya sebatas pada kesehatan organ dalam saja, melainkan juga pada organ luar yakni kulit.

Manfaat buah tin untuk kecantikan ini tercermin dari khasiatnya yang dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti dermatitis, kulit kering, dan kulit gatal akibat alergi.

Kandungan antioksidan pada buah tin juga berfungsi untuk meremajakan sel-sel kulit hingga mengurangi kerusakan kolagen serta memperbaiki kerutan.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Referensi:
https://www.healthline.com/nutrition/figs-benefits (Diakses 19 Juni 2021)
Exit mobile version