Manfaat Daun Mangkokan untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Manfaat daun mangkokan untuk kesehatan dan cara mengolahnya

Manfaat Daun Mangkokan untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Mangkokan (Polyscias scutellaria) merupakan tanaman hias yang cukup populer di Indonesia, mempunyai ciri-ciri berdaun hijau dengan bentuk daun bulat serta melengkung ke atas sehingga menyerupai mangkok atau hati.

Dari bentuk daunnya itulah tanaman ini disebut mangkokan. Namun di beberapa daerah di Indonesia, mangkokan juga mempunyai beragam sebutan, mulai dari mangkok-mangkok (Makassar), Mamangkokan (Jawa Barat), Mangkokan (Jawa), dan Papeda (Ambon).

Tanaman mangkokan banyak tumbuh di negara tropis termasuk dengan tinggi bisa mencapai 6 m. Selain jamak dijadikan tanaman hias, mangkokan juga didapuk sebagai tanaman obat yang bermanfaat untuk kesehatan.

Kandungan Daun Mangkokan

Tidak banyak penelitian mengungkap kandungan pada daun mangkokan, namun beberapa sumber menyebutkan kandungan daun mangkokan sebagai berikut:

Daun mangkokan juga mengandung metabolit sekunder yang disinyalir dapat bersifat sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Manfaat daun mangkokan untuk kesehatan

5 Manfaat Daun Mangkokan untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnya

Manfaat tanaman mangkokan terdapat pada akar dan daun yang dikenal sebagai antiseptik, peluruh, serta deodoran untuk mencegah bau tidak sedap pada ketiak. Lebih lanjut, berikut 5 manfaat daun mangkokan untuk kesehatan tubuh:

1. Mengatasi Rambut Rontok

Umumnya setiap hari rambut akan mengalami rontok sebanyak 50-100 helai, apabila lebih dari itu atau bahkan telah menyebabkan ciri-ciri kebotakan maka sangat disarankan untuk menemui dokter guna mendapatkan perawatan.

Dokter dapat merekomendasikan obat atau suplemen untuk mengatasi rambut rontok sesuai dengan kondisi kerontokannya.

Daun mangkokan dipercaya dapat membantu mengatasi rambut rontok secara alami berkat efek farmakologis antirontok rambut.

Cara mengolah daun mangkokan untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan memotong kecil-kecil daun mangkokan sekitar 25 gram, tambahkan minyak kelapa dan remas-remas sampai mendapatkan cukup airnya. Oles dan pijat rambut menggunakan air remasan daun mangkokan secara rutin.

2. Mengatasi Pembengkakan Payudara

Pembengkakan payudara dapat terjadi akibat beberapa faktor risiko, salah satunya adalah adalah mastitis.

Cara mengolah daun mangkokan untuk mengatasi pembengkakan payudara dapat dengan mengambil beberapa lembar daun mangkokan, cuci bersih, remas-remas, dan tambahkan minyak kelapa serta parutan kunyit.

Letakkan ke wajan dan panaskan beberapa saat, jangan terlalu lama cukup sampai kondisinya hangat saja lalu ambil dan tempelkan pada area payudara yang bengkak.

3. Bau Badan atau Ketiak

Setiap orang mempunyai bau badan atau ketiak, produk deodoran dapat menjadi solusi paling efektif untuk mengatasi hal tersebut.

Namun apa jadinya jika tidak memungkinkan untuk mendapatkan produk deodoran tersebut?

Gunakan daun mangkokan untuk mengatasi bau badan atau ketiak karena daun ini mempunyai dapat berguna sebagai deodoran alami.

Cara mengolah daun mangkokan untuk mengatasi bau badan dan ketiak sama seperti mengolah daun mangkokan untuk mengatasi pembengkakan payudara.

4. Mengatasi Infeksi

Daun mangkokan dikenal sebagai antiseptik alami karena dapat mengatasi infeksi pada luka. Selain itu, daun mangkokan juga mempunyai sifat anti-inflamasi untuk mengatasi peradangan.

Cara mengolah daun mangkokan untuk mengatasi infeksi luka cukup mudah, ambil beberapa daun mangkokan dan haluskan. Kemudian balurkan pada area luka dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Hindari menggunakan daun mangkokan untuk mengatasi luka infeksi berat. Segera temui dokter apabila luka tidak kunjung sembuh atau semakin buruk.

5. Mengatasi Sariawan

Sariawan dapat terjadi pada siapa saja terutama bagi mereka yang kekurangan asupan zat besi, seng, vitamin B1, B2, B6, B12, dan vitamin C.

Memenuhi kebutuhan nutrisi seperti di atas dapat menjadi solusi paling ampuh untuk mengatasi sariawan yang mengganggu.

Terdapat cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi sariawan, yaitu menggunakan daun mangkokan.

Daun mangkokan memiliki sifat antiseptik serta antiinflamasi yang dapat mengatasi sariawan secara alami.

Cara menggunakan daun mangkokan untuk mengatasi sariawan yaitu ambil beberapa daun mangkokan, cucu bersih, haluskan, dan tempelkan pada bibir yang mengalami sariawan.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Referensi:
https://onesearch.id/Record/IOS2554.article-201#details (Diakses 19 November 2021)
(Diakses 19 November 2021)
www.efloras.org/florataxon.aspx?flora_id=2&taxon_id=242414133 (Diakses 19 November 2021)
Exit mobile version